Pabrikan Mobil, Tim Balap F1 hingga Pabrik Pesawat Bantu Produksi Ventilator

Berita Otomotif

Pabrikan Mobil, Tim Balap F1 hingga Pabrik Pesawat Bantu Produksi Ventilator

LONDON - Konsorsium beranggotakan pabrikan mobil, tim balap F1 hingga pabrikan pesawat dibentuk guna bantu pemerintah Inggris yang memerlukan ventilator pernafasan untuk pasien Covid-19.

Penyebaran virus Corona di Inggris disebut sudah cukup meluas. Jumlah korban jiwanya sudah mencapai 1.228 orang.

Seorang pejabat senior bidang kesehatan Inggris pada sabtu lalu bahwa negaranya akan bisa segera normal jika bisa mempertahankan jumlah kematian di bawah 20 ribu jiwa. Untuk dapat menekan jumlah kematian akibat Covid-19, salah satu yang dibutuhkan pemerintah Inggris adalah alat ventilator pernafasan dengan jumlah cukup banyak.

Menyikapi kondisi ini, sebuah konsorsium terbentuk dan berisi orang-orang hebat di beragam bidang. Memiliki anggota 27 orang yang datang dari berbagai perusahaan mulai dari Ford, Rolls Royce, Airbus, BAE System, hingga tim balap F1 McLaren dan Mercedes.

"Konsorsium ini menyatukan beberapa perusahaan paling inovatif di dunia. Saya yakin konsorsium ini memiliki keterampilan dan alat untuk menyelamatkan pasien Covid-19," kata Dick Elsy, Ketua Konsorsium.

Misi pertama dari konsorsium ini sendiri adalah membantu Smith Group yang merupakan produsen alat kesehatan bermarkas di London, Inggris untuk meningkatkan produksi ventilator pernafasan.

Pemerintah Inggris sendiri telah memesan 10 ribu ventilator pernafasan. Saat ini National Health Service Inggris sudah memiliki 5.000 unit ventilator pernafasan.

Dan jumlah pesanan di atas diperkirakan akan terus bertambah. Karena menurut pemerintah Inggris, akan dibutuhkan 30 ribu ventilator pernafasan untuk mengatasi puncak wabah Corona.

Kondisi darurat ini sendiri sudah dinyatakan oleh Inggris pada awal Maret 2020. Ditambah belum lama ini COvid-19 dilaporkan sudah menginfeksi keluarga kerajaan Pangeran Charles hingga Perdana Menteri Boris Johnson yang kabarnya sekarang sedang diisolasi di rumah dinasnya di Downing Street, London. 

Sampai berita ini dibuat, belum ada keterangan berapa jumlah produksi yang bisa dimaksimalkan setelah Smith Group mendapat dukungan dari konsorsium. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar