Pabrikan Mobil India Mahindra Resmi Kembali Jualan di Indonesia

Berita Otomotif

Pabrikan Mobil India Mahindra Resmi Kembali Jualan di Indonesia

BOGOR - Mahindra resmi kembali berjualan di Indonesia, fokus pertama penjualan mereka bermain di sektor fleet di kelas kendaraan niaga ringan.

Mobil123.com pada Rabu (16/10/2019) sudah memberitakan niat Mahindra menjual mobil di Indonesia. Pengumuman akhirnya dilakukan oleh RMA Group, sebagai pihak yang menangani distribusi kendaraan-kendaraan bermerek asal India tersebut, pada Kamis (17/10/2019) di Puncak, Bogor.

“Kami sudah bekerja bersama dengan Mahindra selama 18 bulan terakhir dan melakukan diskusi strategis untuk meluncur di sini, di Indonesia,” ucap Chris Manley, Chief Operationg Officer RMA Group dalam Media Gathering.

<realted> Joydeep Moitra, Head of International Operations, Automotive, Mahindra & Mahindra Ltd., memberitahukan bahwa Mahindra berdiri sejak 1945 di India. Hingga kini, perusahaan tersebut bergerak di 11 sektor usaha termasuk otomotif, teknologi informasi, peralatan pertanian seperti traktor.

Di otomotif, Mahindara dari awal konsisten mendalami segmen sport utility vehicle (SUV) serta pikap. Mereka juga sudah serius mengembangkan dan menjual mobil listrik.

“Kami adalah pabrikan otomotif terbesar di India untuk kendaraan-kendaraan utilitas seperti SUV dan pikap. Kami juga produsen traktor terbesar sedunia dalam hal volume. Kami pun pabrikan mobil listrik terbesar di India,” aku Moitra.

Mereka sempat masuk sebentar di pasar otomotif nasional beberapa waktu lalu sebelum menghilang. Kini mereka kembali mencoba peruntungan.

Mulai dari Fleet
Manley menjelaskan bahwa pihaknya bakal memulai perjalanan di India dari sektor fleet, khususnya pikap. Ada Scorpio Pik Up dengan dua varian yang mereka luncurkan sebagai kendaraan pertama di Nusantara.

“Produk yang akan diperlihatkan hari ini fokus di fleet seperti pertanian, pertambangan, serta usaha kecil menengah. Kami akan meluncurkannya di Jawa, Sumatera, Kalimantan,” papar dia.

Manley menegaskan bahwa mereka ingin ada di Indonesia dalam jangka panjang. Mereka juga yakin dapat membawa produk-produk yang mendulang kesuksesan di Indonesia.

Mahindra menjadi merek otomotif India kedua di negeri ini. Merek pertama adalah Tata Motors yang sudah ada sejak 2013.

Tata Motors sempat meluncurkan kendaraan penumpang di awal kehadiran mereka. Namun, usia kendaraan-kendaraan penumpang mereka tidak berumur lama dan setelah itu mereka terus fokus di kendaraan niaga ringan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar