Pabrikan China Geely Beli Trek Balap Seluas 200 Hektare di Amerika

Berita Otomotif

Pabrikan China Geely Beli Trek Balap Seluas 200 Hektare di Amerika

UTAH – Pabrikan China Geely mengakuisisi trek balap superluas di Amerika Serikat (AS).

Geelyseperti diwartakan Motor1 pada akhir pekan lalu, membeli trek balap Utah Motorsports Campus (MUC) dengan nilai yang tak dipublikasikan. Akuisisi mencakup trek balap, semua bangunan, properti serta aset di dalamnya.

Grup otomotif milik konglomerat Li Shufu tersebut melakukannya lewat anak perusahaan Mitime Investmen and Development Group (Mitime). Bisnis mereka antara lain mengelola plus mengoperasikan fasilitas balap bagi mobil, motor dan kart.

MUC berada di atas lahan seluas 511 acre (206,7 hektare). Sebelumnya fasilitas ini dimiliki oleh Tooelo County.

William Lee, Vice President Mitime mengaku amat antusias dapat mencapai kata sepakat dengan Tooelo County untuk memiliki MUC. Mitime akan menyempurnakannya hingga menjadi lebih besar dan lebih baik.

“Kami sangat mengapresiasi usaha Tooelo County dalam membuat diskusi antara kami berakhir baik. Kami juga merasa terhormat melihat dukungan luar biasa dari masyarakat Utah sejak kami mengoperasikan fasilitas ini,” ujarnya.

Willem Geyer, Chief Executive Officer (CEO) UMC, mengatakan pihaknya tak sabar menantikan masa depan yang sudah direncanakan untuk trek itu. Ia menjelaskan ada ‘rencana besar’ untuk UMC.

“Kami sedang mempelajari kemungkinan menambah trek balap yang lebih beragam, pusat-pusat hiburan, juga infrastruktur pendukung. Semua itu kelak tak hanya mengukuhkan posisi kami sebagai salah satu fasilitas hiburan utama Utah, tapi juga memastikan UMC bakal menjadi sesuatu yang menguntungkan untuk pertama kalinya dalam sejarah,” papar Willem.

Sebelum bernama UMC, tempat tersebut bernama Miller Motorsport Park dan pertama kali dibuka pada 2006. Pendirinya adalah pebisnis Larry H. Miller.

Pada 2015, keluarga Miller memutuskan tidak memperpanjang perjanjian dengan Tooelo County, sehingga kepemilikan berpindah tangan. Mitime ketika itu sudah tertarik menyenggetnya, tapi tersandung isu legal-administratif.

Mitime kemudian mengakalinya dengan menjadi menjadi pengelola sejak 2016. Aksi simpatik dilakukan Mitime dengan mempertahankan banyak karyawan lama pada era Larry H. Miller.

Nama Miller Motorsport Park diganti menjadi UMC tak lama sesudahnya oleh Mitime. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar