Geely Bajak Eks Bos Jaguar Land Rover untuk Pimpin Lotus

Berita Otomotif

Geely Bajak Eks Bos Jaguar Land Rover untuk Pimpin Lotus

HANGZHOU – Pabrikan China Geely membajak mantan petinggi Jaguar Land Rover Phil Popham untuk memimpin Lotus, salah satu merek mobil sport Eropa yang berada di bawah kekuasaan mereka.

Popham dikabarkan digaet untuk memimpin Lotus, merek mobil-mobil kencang asal Inggris yang mayoritas saham dimiliki Geely. Ia dipercaya untuk menduduki kursi empuk Chief Executive Officer (CEO) Lotus Cars plus Senior Vice President for Commercial Operations Lotus Group.

Sebagai informasi, Geely, yang dimiliki salah satu orang terkaya di China bernama Li Shufu, mengakuisisi 51 persen saham Lotus pada 2017. Pengambilalihan ini dilakukan bersamaan dengan pembelian 49,9 persen saham Proton, merek mobil asal Malaysia.

Geely pada awal 2018 juga membeli 9,69 persen saham Daimler, induk perusahaan Mercedes-Benz. Jauh sebelum itu semua, tepatnya pada 2010, Geely pun membeli secara penuh saham Volvo Cars.

Lebih lanjut, Popham sang bos baru Lotus lama berkarier di Jaguar Land Rover. Dia bergabung pada 1988 dan pada Desember 2010 dipercaya sebagai Global Operations Director di sana.

Namun, ia mengundurkan diri dari Jaguar Land Rover pada 28 November 2014, setelah mengabdi selama lebih dari dua dekade dan menjadi saksi hidup perpindahan kepemilikan pabrikan otomotif terbesar di Inggris tersebut dari BMW, ke Ford, sampai ke Tata Motors. Jabatan terakhirnya sebelum ditarik Geely adalah CEO Sunseeker, produsen yacht mewah yang juga berasal dari negerinya Ratu Elizabeth.

“Saya sudah menjalani karier di merek-merek mewah serta pionir-pionir teknologi tinggi dari Inggris. Lotus, dengan sejarahnya yang luar biasa, pastinya sesuai dengan kategori tersebut. Saya sangat tak sabar menjadi bagian dari tim yang kelak membuat bisnis Lotus tumbuh secara substansial di masa depan,” ujar Popham mengenai pekerjaan barunya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar