Pabrikan China dan Thailand Bersatu Gempur Kendaraan Komersial Jepang

Berita Otomotif

Pabrikan China dan Thailand Bersatu Gempur Kendaraan Komersial Jepang

BANGKOK - Pabrikan China dan Thailand melakukan kerjasama serta telah melansir truk dan bus baru buatan mereka. Tujuan kerjasama ini tak lain untuk menggempur truk dan bus buatan Jepang.

Beiqi Foton Motor, salah satu unit dari BAIC Group asal China bekerja sama dengan Charoen Pokphand (CP) Group, merupakan konglomerasi besar yang bergerak di ragam sektor dan terkenal di Thailand telah melansir kendaraan komersial terbaru. Ini merupakan pijakan awal di pasar mobil Negeri Gajah Putih dan disebut akan menjadi sebuah kekuatan baru. 

CP dan Foton telah menandatangani perjanjian untuk membuat usaha patungan di Thailand selama forum Belt and Road Beijing pada April 2019. Saat ini perusahan tersebut mengimpor kendaraan buatan China.

Pabrikan China dan Thailand Bersatu untuk Gempur Kendaraan Komersial buatan Jepang
Pada kesempatan ini ada 4 produk yang ditawarkan. Mulai dari truk molen, medium truk, truk cargo hingga bus. Dan punya target untuk menciptakan kendaraan-kendaraan komersial versi EV atau bertenaga listrik.

Usaha CP dan Foton memasang target 450 unit kendaraan sebelum akhir 2020. Harga jualnya memang masih dirahasiakan, namun perusahaan ini memastikan bahwa truk dan truk buatan mereka nantinya akan lebih terjangkau. Disebut 10-15 persen lebih murah dibandingkan truk atau bus buatan Jepang pada umumnya.

Yang manarik, unit kendaraan baru ini sudah langsung memiliki pembeli dan tak lain adalah unit usaha CP. Untuk diketahui, CP memiliki beragam bisnis mulai dari mengoperasikan pabrik pengolahan makanan dan mengelola jaringan toko serba ada 7-Eleven di Thailand. Semuanya operasional berikut distribusinya dipastikan menggunakan produk-produk truk atau bus mereka sendiri.

CP sendiri pada 2012 telah membentuk usaha patungan dengan SAIC Motor yang berbasis di Shanghai, China. Dan pada 2014 mulai merakit kendaraan untuk merek MG Inggris yang diakuisisi oleh SAIC. MG kini memegang pangsa pasar 2,6 % di Thailand pada 2019.

Pabrikan China dan Thailand Bersatu untuk Gempur Kendaraan Komersial buatan Jepang
CP dan Foton mencanangkan target cukup serius di Thailand. Mereka akan mencoba meraih posisi ketiga dalam pangsa pasar mobil komersial dalam 3 hingga 5 tahun ke depan.

Saat ini pemegang pangsa pasar mobil komersial di Thailand masih dipegang Toyota dengan 35 persen dan disusul oleh Isuzu 28%. Agar CP dan Foton dapat mencapai tujuannya, merka harus melampaui pangsa Ford dengan market share 8%.

Pihak CP menyebutkan optimis akan meraih target yang mereka canangkan. Ini tak lain karena mereka sudah sangat berpengalaman berbisnis di Thailand.

"CP mengetahui pasar Thailand luar dalam," kata Thanakorn Seriburi, Senior Vice President CP Group.

Sementara Foton juga mengungkapkan hal yang sama. Dan membeberkan rencana membangun pabrik perakitan di Thailand dalma 2-3 tahun ke depan. Pabrik tersebut akan menjadi basis produksi kendaraan mereka baik untuk kebutuhan dalam dan luar negeri.

"Kami ingin menjadikan Thailand sebagai hub Asia Tenggara," kata Dai Hong Kai, Presiden Asia-Pasifik Foton. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar