Pabrik Mitsubishi Cikarang Rakit Model Ketiga di Semester Dua

Berita Otomotif

Pabrik Mitsubishi Cikarang Rakit Model Ketiga di Semester Dua

JAKARTA – Setelah Pajero Sport serta Xpander, pabrik baru Mitsubishi di Cikarang, Bekasi bersiap memproduksi model ketiga yaitu L300 pada semester kedua.

Mitsubishi menggelontorkan investasi 565 juta dollar AS atau sekitar Rp7,5 miliar untuk pabrik berkapasitas total 160 ribu unit per tahun itu. Resmi beroperasi pada April 2017, Pajero Sport menjadi model perdana yang dirakit terlebih dahulu dengan kapasitas terpasang 30 ribu unit per tahun.

Model terbaru Mitsubishi, Xpander, menyusul kemudian pada Agustus dengan kapasitas terpasang 80 ribu unit setahun. Dan kini L300 menjadi model selanjutnnya.

“L300 sudah sejak lama diproduksi secara lokal di Pulogadung di KRM (PT. Krama Yudha Ratu Motor). Rencananya tahun ini akan dipindahkan ke Cikarang. Kapasitas produksinya sekitar 30 ribu unit setahun,” buka Direktur Penjualan dan Pemasaran PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Irwan Kuncoro.

Ia menjelaskan perakitan dijadwal dimulai pada paruh kedua 2018. Hanya saja, waktu rincinya tidak disebutkan.

“Bulannya nanti bisa kami infokan kemudian,” ucapnya.

L300 sendiri merupakan tulang punggung Mitsubishi, khususnya di kendaraan niaga ringan. Selama kehadirannya di Indonesia, sudah lebih dari 600 ribu unit terjual.

Pangsa pasar L300 di kelas pikap ringan 4x2 pada 2017 diklaim Mitsubishi di atas 80 persen. Pabrikan asal Jepang tersebut memang hanya fokus produksi L300 untuk pasar Indonesia.

“Tidak ada rencana ekspor untuk L300, ini hanya untuk memenuhi pasar lokal saja,” tukas Irwan. (Xan/Ari)



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual