Pabrik Mesin Baru Toyota di Karawang akan Produksi Mesin Diesel?

Berita Otomotif

Pabrik Mesin Baru Toyota di Karawang akan Produksi Mesin Diesel?

JAKARTA - Saat ini PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) hanya produksi mesin bensin dan ethanol di Indonesia. Kabarnya Toyota akan produksi mesin diesel di pabrik ketiganya di Karawang, Jawa Barat yang akan beroperasi pada 2016.

Mesin diesel dimaksud berkode GD untuk menggantikan mesin lama berkode KD terdiri dari tipe 2.8-liter 1GD-FTV dan 2.4-liter 2GD-FTV. Mesin ini sudah tersemat pada new Toyota Hilux di Thailand.

Mesin ini menggunakan Selective Catalytic Reduction (SCR) untuk menekan emisi Nitrogen Oksida hingga di bawah 100 persen.

Menanggapi ini Wakil Presiden Direktur TMMIN, Warih Andang Tjahjono mencoba menyanggah. Menurut Warih, mesin diesel belum cocok untuk pasar otomotif Indonesia. Karena alasan itu tidak ada rencana produksi mesin diesel di Tanah Air.

"Belum menjadi prioritas untuk area di ASIA. Diesel itu biasanya dipakai di Eropa. Kami (TMMIN) masih tetap produksi mesin bensin dan ethanol," kata Warih.

Sampai saat ini, Toyota Indonesia masih memproduksi dua jenis mesin TR yakni 2.0-liter (1TR) untuk Kijang Innova dan 2TR 2.7-liter untuk Fortuner. Sementara untuk Innova dan Fortuner Diesel kode KD kapasitas 2.5-liter cc masih dipasok dari Thailand.

Pabrik baru TMMIN nantinya untuk produksi mesin baru kode R-NR, 1.3-liter dan 1.5-liter. Jika tidak nantinya jika new Toyota Hilux dan Fortuner masuk pasar Indonesia, TMMIN juga akan memasukan mesin diesel baru itu dari Negeri Gajah Putih tersebut.

"Belum produksi mesin diesel. Kami masih selalu berusaha melihat pasar domestik seperti apa. Saat ini kami prioritaskan mesin bensin," ucap Warih. [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter.



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual