Pabrik di Indonesia, Hyundai Justru Bangun Pusat Inovasi di Singapura

Berita Otomotif

Pabrik di Indonesia, Hyundai Justru Bangun Pusat Inovasi di Singapura

 

SINGAPORE – Hyundai Motor Group (HMG) memang sedang mendirikan pabrik mobil di Indonesia, namun pusat inovasi akan berlokasi di Singapura dengan nama Hyundai Motor Group Innovation Center in Singapore (HMGICS).

Hari ini (13/10), HMGIS diresmikan secara virtual dan dihadiri oleh sejumlah pejabat dua negara yakni Prime Minister Lee Hsien Loong, Menteri Perindustrian Korea Selatan Sung Yun-mo, serta Hyundai Motor Group Executive Vice Chairman Euisun Chung.

Pembangunan gedung HMGIS yang berada di Jurong Innovation District (JID) akan selesai pada akhir 2022. Pusat ini akan berdiri di lahan seluas 44,000 m2 dengan luas bangunan 28,000 m2.

Pusat ini akan bertindak sebagai laboratorium inovasi terbuka untuk penelitian dan pengembangan mobilitas HMG di masa depan, dengan tujuan merevolusi rantai nilai mobilitas masa depan.

“HMGICS adalah langkah maju yang besar bagi Hyundai Motor. Fasilitas ini adalah yang pertama di dunia. Ini akan membuka jalan bagi lebih banyak perusahaan Korea Selatan untuk berinvestasi di sini, bermitra dengan pemasok lokal dan UKM, dan berkolaborasi dengan universitas dan lembaga penelitian kami,” kata Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.

“Sasaran Singapura adalah membuat semua kendaraan kami beroperasi dengan energi yang lebih bersih pada tahun 2040, sejalan dengan komitmen Paris Agreement. Kami berharap ini akan membuka kawasan pertumbuhan baru bagi ekonomi kami, dan menciptakan lapangan kerja yang menarik bagi warga Singapura.”

Dipilihnya Singapura sebagai lokasi karena  menempati peringkat pertama dalam Laporan Daya Saing Global 2019 dari Forum Ekonomi Dunia. Daya saing negara berasal dari lokasinya yang strategis, tenaga kerja kompetitif, lingkungan pro-bisnis, dan kebijakan ekonomi berwawasan ke depan. Dengan rekam jejak yang kuat untuk inovasi terbuka, Singapura merupakan lokasi yang ideal bagi Hyundai untuk menguji ide transformatif melalui HMGICS.

Sebagai bagian dari inisiatif Smart Nation untuk mendorong adopsi inovasi digital di berbagai industri, Singapura secara aktif mendorong penggunaan teknologi digital seperti AI, digitalisasi, dan mobilitas kota pintar.

HMGICS akan menjadi rumah bagi banyak pakar Litbang HMG dari seluruh dunia, termasuk anggota poros inovasi Hyundai CRADLE dan Pusat Riset AI (AIR). Perusahaan afiliasi seperti Hyundai Mobis, Hyundai Glovis, Hyundai Autoever, Hyundai WIA, Hyundai Rotem dan Hyundai Transys juga akan ambil bagian dalam HMGICS.

Universitas, startup, dan lembaga penelitian Singapura, termasuk Nanyang Technological University, Singapura - mitra penelitian akademis lokal pertama - akan dapat berkolaborasi melalui laboratorium inovasi terbuka tersebut.

Hyundai Motor Group Innovation Center in Singapore akan menggunakan sumber energi ramah lingkungan seperti energi matahari dan hidrogen untuk membantu mencapai netralitas karbon. [Idr]

 

   



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Senang menulis mobil dan sepedamotor dari sisi kendaraan itu sendiri hingga perkembangan teknologi. Dia sendiri paling menyukai jika disodorkan SUV untuk dibawa ke mana dia suka, tentu saja medan offroad.


Berita Utama


Komentar