Pabrik Toyota Tutup Sementara, Bagaimana Nasib Pembeli Alphard di Indonesia?

Berita Otomotif

Pabrik Toyota Tutup Sementara, Bagaimana Nasib Pembeli Alphard di Indonesia?

JAKARTA – Pabrik-pabrik mobil Toyota di Jepang mesti tutup dulu pada awal Agustus 2021. Adapun stok model-model impor dari sana untuk pasar Indonesia seperti Alphard dan Voxy diklaim masih cukup.

Toyota Motor Corporation (TMC) belum lama ini mengumumkan penutupan sementara beberapa pabrik di Jepang. Ini harus terjadi karena kurangnya pasokan suku cadang akibat pelonjakan kasus Covid-19 di kawasan Asia Tenggara.

Ada pabrik perakitan Alphard, Vellfire, Noah, Voxy, Esquire di Fujimatsu yang ditutup pada 29-30 Juli serta 2-4 Agustus.

Pabrik perakitan Land Cruiser 70, Land Cruiser 300, serta model-model Lexus di Yoshiwara dan Tahara juga setop beroperasi pada 3-6 Agustus untuk Lexus dan 5-6 Agustus untuk Land Cruiser.

Pabrik-pabrik di atas diketahui turut menyuplai Alphard, Vellfire, Voxy, Land Cruiser, dan model-model Lexus untuk pasar Indonesia. Namun, stok model-model berharga mahal itu di dalam negeri secara umum disebut masih memadai.

Toyota Voxy

“Detailnya masih kami tunggu. Tapi, stok Japan CBU (mobil-mobil impor utuh dari Jepang—Red) secara umum masih cukup,” ucap Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy ketika dihubungi Mobil123.com, Senin (2/8/2021).

Dia tidak bisa menyebutkan berapa lama ketahanan stok untuk model-model di atas.

“Saya harus cek,” aku Anton.

Inden untuk model-model rakitan Jepang sendiri disebutkan perlu waktu sampai beberapa bulan dalam kondisi normal. Ia mencontohkan inden untuk Alphard serta Voxy.

“Toyota Alphard sekitar dua bulan ya, Voxy satu bulan,” tandas Anton.

Sebenarnya, pabrik Takaoka yang memproduksi sedan Corolla serta Corolla Touring juga setop secara temporer pada 2-6 Agustus. Namun, Indonesia tak mengambil suplai Corolla dari sana, melainkan dari Thailand. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar