Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Desainer Bugatti Veyron Hijrah ke Rolls-Royce

Berita Otomotif

Desainer Bugatti Veyron Hijrah ke Rolls-Royce

LONDON - Mantan desainer Bugatti yang turut andil dalam mendesain hypercar Veyron kini bekerja untuk merek mobil ningrat Rolls-Royce.

Rolls-Royce baru saja mendapatkan salah satu orang yang amat berpengalaman di industri mobil-mobil mahal. Ia, menurut Motor Authority pada awal pekan ini, adalah Jozef Kaban, yang kini didaulat sebagai Head of Design Rolls-Royce.

Pabrikan mobil supermewah asal Inggris ini sendiri sudah mencari-cari sosok yang tepat di posisi tersebut sejak cukup lama. Jabatan ini lowong sejak September tahun lalu, ketika Giles Taylor mengundurkan diri.

Taylor kemudian bergabung dengan korporasi otomotif asal China, FAW Group. Di sana, dia diberikan misi ‘menghidupkan’ kembali merek Hongqi sekaligus mendesain mobil-mobil masa depan dari FAW Group.

Rolls-Royce, di sisi lain, terkesan amat hati-hati mencari suksesor Taylor. Alhasil, mereka tidak memiliki Head of Design hingga lebih dari setengah tahun.

‘Otak’ di Balik Veyron
Sebelumnya Kaban bekerja untuk BMW, yang satu grup dengan Rolls-Royce. Di pabrikan asal Jerman tersebut, dia berposisi sebagai Head of Design sejak 2017.

Pengganti Kaban di BMW sendiri adalah Domagoj Dukec yang saat ini menjadi orang nomor satu di divisi BMW i dan BMW M. Di dalam keterangan resmi, kompetitor Mercedes-Benz ini menyatakan konsolidasi tugas ini bakal membantu tim desain membuat kendaraan yang lebih memiliki karakteristik khas.

Lebih lanjut, Kaban, alumni kampus desain terkenal Royal College of Art di London, bergabung dengan Volkswagen (VW) Group dan malang-melintang di berbagai merek di dalamnya, termasuk Audi serta Skoda. Satu di antara maha karyanya di industri otomotif terjadi ketika dia diberi tugas mendesain eksterior dari Bugatti Veyron.

Baik kaban maupun Dukec akan bertanggungjawab kepada Adrian van Hooydonk selaku Head of Design seluruh merek BMW Group.

“Penyatuan desain BMW Group ini adalah sinyal dari orientasi masa depan kami. Struktur ini memastikan efisiensi lebih, kecepatan lebih, serta kelincahan lebih di proses desain kami,” kata van Hooydoonk. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang