Operasi Ketupat 2020 akan Sama Sekali Berbeda dari Sebelumnya

Berita Otomotif

Operasi Ketupat 2020 akan Sama Sekali Berbeda dari Sebelumnya

JAKARTA – Larangan mudik saat Lebaran 2020 nanti akan membuat operasi Ketupat 2020 akan berbeda dibandingkan sebelumnya.

Dalam kegiatan bersandi Operasi Ketupat Covid-19 ini, pihak Kepolisan akan menggelarnya selama 38 hari. Dalam operasi ini, biasanya pihak kepolisian akan fokus untuk memperlancar arus lalu lintas. Kini, Operasi Ketupat 2020 justru akan melarang masyarakat mudik ke kampung halamannya masing-masing.

<related< “Dalam operasi ini ada beberapa penyekatan di beberapa titik. Kami juga akan melakukan pengalihan arus atau bahkan kami putar balikkan kendaraan ke arah tujuan agar mereka tidak ke daerah. Itu yang akan kami lakukan,” tegas Indra Jafar, Kasubdit Jemennosrek Ditkamsel Korlantas Polri.

Dalam operasi kali ini, mereka akan mendirikan beberapa check point yang junlahnya masih dalam pembahasan. Check point ini akan ditempatkan di beberapa titik baik di tol maupun di jalan arteri guna membatasi mobilitas warna.

“Ada kerawanan yang akan muncul dengan adanya pematasan ini. Tentu yang perlu hindari adalah terjadinya konflik di lapangan karena beralasan keluarganya sudah berada di kampung halaman. Kadang kala ini menjadi konflik di lapangan, namun petugas di lapangan tetap melakukan upaya persuasif, memberikan himbauan sehingga mereka bisa memahami,” terangnya.

Untuk penegakan hukum, pihak Kepolisian akan melibatkan semua anggotanya di daerah termasuk bekerjasama dengan beberapa instasi dalam operasi kali ini. Mulai dari Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan dan sebagainya.

“Kami juga akan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah hingga Kelurahan yang untuk melakukan operasi ini,”pungkasnya.

Pemerintah akhirnya memutuskan untuk melarang masyarakat mudik ke kampung halamannya saat Lebaran 2020. Keputusan tersebut dilakukan guna mengurangi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Indonesia. Larangan akan mulai berlaku pada tanggal 24 April 2020 hingga waktu yang belum ditentukan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar