ONEXOX Mundur, MRTI Lancar Jaya di Moto2 2021

Berita Otomotif

ONEXOX Mundur, MRTI Lancar Jaya di Moto2 2021

JAKARTA – Mandalika Racing Team Indonesia (MRTI) kian mantap menjejakkan kakinya di ajang bergengsi Moto2 2021.

Hal ini berkat adanya pengumuman dari pihak ONEXOX TKKR melalui siaran langsung di sosial media, Senin, 30 November 2020. Pihaknya menyatakan bahwa SAG Racing Team membutuhkan lebih banyak dana segar untuk mengarungi musim balap Moto2 2021. Pengumuman ini dibuat menyusul unggahan MRTI di akun sosial medianya.

Sebelumnya Kemalsyah Nasution selaku Direktur MRTI sempat merahasiakan nama tim yang diajak untuk berkolaborasi. Menurutnya tim tersebut (diketahui belakangan SAG Racing Team), masih terikat kontrak dengan provider asal Malaysia yakni ONEXOX.

Namun hingga musim berakhir, belum ada keputusan resmi dari kedua belah pihak baik MRTI maupun SAG Racing Team. Bahkan belum lama ini Dorna melalui laman resmi MotoGP mengumumkan, nama-nama tim peserta Moto 2021. Dari keseluruhan peserta, tidak ada tanda-tanda tim asal Indonesia.

Bola panas kemudian terus bergulir liar, karena pada sesi tes resmi untuk musim depan, SAG yang digadang-gadang menjadi tim asal Indonesia hanya menurunkan satu pembalap baru yaitu Tom Luthi. Mereka sendiri masih menggunakan semua atribut musim 2020 (logo sponsor dan nama tim). Pembalap Malaysia yakni Kasma Daniel tidak ikut serta dalam tes di Jerez.
Pertamina Mandalika SAG Team
Di Indonesia, MRTI yang merasa terdesak akhirnya membuat pengumuman di sosial medianya. Isinya menjelaskan bahwa tim mereka nantinya akan bernama Pertamina Mandalika SAG Team. Mereka sekaligus mengumumkan struktur tim yang terdiri dua orang Indonesia berada di jajaran tertinggi dan sisanya adalah pemilik beberapa orang kepercayaaannya.

Melihat banyaknya desakan akan masa depan di Moto2, ONEXOX akhirnya mengeluarkan maklumat pengunduran diri. Meskipun kontraknya masih berlangsung hingga dua musim ke depan, namun mereka mengatakan mengalah.

“Mereka telah melakukan perbincangan awal dengan pihak Mandalika walau belum konfirmasi. Pihak kami yang sedang berusaha mengumpulkan dana agak terganggu dengan berita seperti ini. Maka saya berpendapat dengan SAG, walaupun saya paham tawaran yang dibuat oleh Mandalika itu sangat besar, itu akan membuat tim manapun merasa lebih terjamin masa depannya,” ucap Bobie Farid, CEO ONEXOX.
Pertamina Mandalika SAG Team
Ia menyatakan lebih baik mundur untuk musim depan dan kembali fokus pada rencananya di CEV European, Malaysia Superbike, Malaysia Cup Prix, dan ARRC. Ia juga menyebutkan bahwa Industri di Indonesia lebih besar daripada Malaysia, sehingga memiliki masa depan yang lebih cerah.

[Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar