Nissan Tolak Ajakan Rapat dari Renault

Berita Otomotif

Nissan Tolak Ajakan Rapat dari Renault

PARIS - Nissan dikabarkan telah menolak untuk mengikuti pertemuan  para pemilik saham dari Renault.

Dilansir dari Carscoops.com, Nissan menyampaikan surat yang bertuliskan bahwa tidak ada keperluan untuk melakukan rapat seperti diminta oleh Thierry Bollore, Deputy Chief Renault.

Renault saat ini memiliki 43 persen saham Nissan dan memiliki hak untuk memanggil rapat. Namun para eksekutif Nissan berusaha untuk meyakinkan Renault untuk tidak melakukan hal tersebut.

Senin lalu, Hiroto Saikawa, CEO Nissan mengatakan bahwa mereka memilih untuk menunggu laporan terbaru yang dibuat oleh Pemerintah Jepang sebelum memutuskan untuk menggelar rapat pemegang saham.

Tensi antara Nissan dan Renault memang semakin meninggi setelah penahanan Carlos Ghosn di Jepang. Ia ditahan dengan tuduhan telah melakukan kecurangan terhadap laporan penghasilannya dan berpengaruh terhadap pajak yang harus dibayarkan.

Kasus tersebut membuat Nissan dan Mitsubishi langsung memecat Ghosn dari dari posisi CEO meski Renault masih mempertahankannya. Walau begitu, Pemerintah Perancis, sebagai salah satu pemilik saham, mendesak Renault agar segera mengganti CEO-nya. Renault pun dikabarkan terus menekan Nissan agar menggelar rapat dan membahas permasalan Carlos Ghosn.

Meski menolak untuk mengikuti rapat pemegang saham untuk membahas masalah ini, para eksekutif Renault, Nissan dan Mitsubishi tetap melakukan pertemuan di Amsterdam, Belanda. Ini adalah pertemuan kedua aliansi setelah penangkapan Ghosn.

Namun, CEO Nissan dikabarkan tidak melakukan pertemuan tersendiri dengan Bollore yang saat ini menajdi pimpinan sementara di Renault. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar