Nissan Terra Baru Siap Diluncurkan, Sanggupkah Lawan Fortuner dan Pajero Sport?

Mobil Baru

Nissan Terra Baru Siap Diluncurkan, Sanggupkah Lawan Fortuner dan Pajero Sport?

YOKOHAMA - Nissan Terra terbaru siap diluncurkan, kabarnya pada 25 November 2020. Dengan update yang dilakukan, mampukah bersaing dengan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport?, karena jujur saja model sebelumnya tidak bisa berbuat banyak.

Nissan memang belum secara resmi menyebutkan akan meluncurkan Terra generasi terbaru. Namun secara visual dalam video yang beredar lewat akun Youtube Nissan Middle East tampak sebuah SUV midsize, dan untuk sementara itu bisa disimpulkan Nissan Terra mendapat sentuhan update.

Belum banyak yang bisa dikomentari dari potongan gambar Terra terbaru pada video karena memang informasinya sangat terbatas. Sepintas lalu hanya tampak lampu depan dengan empat proyektor, tak jauh berbeda seperti Nissan Navara yang sudah terlebih dahulu dipebaharui.

Yang menarik untuk diperhatikan adalah bagian belakang. Sekilas desain lampu belakang tampak memiliki perubahan bentuk yang cukup signifikan, boleh dibilang kali ini hadir dengan kesan lebih premium.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi dari Nissan yang bisa menjawab rasa penasaran. Termasuk apakah akan dilengkapi mesin terbaru. Untuk diketahui, Terra di Indonesia dilengkapi dengan mesin turbo diesel YD25 2.5-liter bertenaga 188 hp dan torsi 450 Nm. 

Sejatinya mesin yang menyertai Terra di pasar Indonesia tergolong lawas. Berbeda dengan Terra di Thailand yang dilengkapi mesin diesel baru berkapasitas 2.3-liter twin turbocharged hasil pengembangan Renault, sekutu Nissan di aliansi. Sementara di China, Terra hadir dengan mesin bensin QR25 berkapasitas 2.5-liter non turbo alias naturally aspirated.

Pertanyaan menarik dari kemunculan Terra terbaru adalah, mampukah bersaing dengan Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero Sport? Karena seperti kita ketahui bersama, sejak hadir pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, Terra tampak kesulitan untuk menarik hati para car enthusiast di kelas SUV diesel.

Nissan Terra Baru Siap Diluncurkan, Sanggupkah Lawan Fortuner dan Pajero Sport?
Pamornya tampak redup sertakesulitan untuk bersaing dengan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Isao Sekiguchi, Presiden Direktur PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) pada tahun lalu mengakui Terra menghadapi tantangan dalam penjualan karena masih asing di mata konsumen Tanah Air. Apalagi dibandingkan dengan Fortuner serta Pajero Sport yang punya rekam jejak lebih lama serta masih menjadi dua acuan utama di segmennya.

“Saya pikir orang-orang belum memahami apa itu Terra. Jadi, saat kami mengatakan ini mirip Fortuner dan Pajero Sport, barulah para konsumen menyadari Terra satu segmen dengan mobil-mobil tersebut. Barulah mereka mengerti,” kata Sekiguchi menjawab pertanyaan Mobil123.com tahun lalu.

Akankah Nissan Terra terbaru akan memberi perlawanan berarti pada Fortuner dan Pajero Sport?. Nantikan world premiere-nya minggu depan, dan mudah-mudah bakal segera dijual di Indonesia juga. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar