Test Drive Nissan Serena, MPV dengan Paket Menarik

Review

Test Drive Nissan Serena, MPV dengan Paket Menarik

JAKARTA – Setelah sekian lama tidak meluncurkan produk baru di segmen MPV, pada bulan Februari 2019 Nissan Motor Indonesia (NMI) meluncurkan Nissan Serena.

Mobil yang hadir di segmen high MPV ini diklaim telah dibekali dengan beragam fitur dan penyesuaian agar dapat membuat perjalanan menjadi lebih nyaman. Salah satu fitur yang menjadi andalan adalah Intelligent Sliding Door.

Fitur ini berfungsi untuk memudahkan penumpang untuk membuka pintu karena cukup mengarahkan kaki dengan gerakan menendang ke arah bawah pintu. Pintu akan langsung membuka dengan sendirinya.

Nissan mengklaim bahwa fitur ini akan memudahkan pelanggan yang sedang membawa barang bawaan untuk masuk ke mobil. Tapi pada saat kami mencobanya, perlu sedikit waktu agar sensor dapat membaca keberadaan kaki dan membuka pintu. Ada cara lain untuk membuka pintu yaitu dengan menekan tombol kecil di pintu. Fitur ini terasa lebih efektif karena respon pintu terbuka terbilang lebih cepat.

Fitur menarik lainnya adalah Nissan Serena sudah dilengkapi dengan pintu bagasi yang bisa dibuka dengan dua cara. Cara pertama adalah membuka seluruh pintu dengan menekan engsel di balik logo Serena. Cara kedua adalah membuka sebagian pintu yaitu dengan menekan pedal di balik logo Nissan. Cara kedua diklaim menjadi keunggulan tersendiri karena dapat memudahkan pelaanggan memasukkan barang ke bagasi di tempat yang sempit.

Kenyamanan di kursi penumpang

Saat melakukan test drive, kami langsung duduk di kursi baris kedua. Posisi ini paling penting bagi kami karena umumnya Nissan Serena memang para bos yang menggunakan jasa supir dalam kesehariannya.

Ketika duduk, jok dengan pelapis kulit berwarna hitam tersebut terasa langsung menyambut dengan nyaman. Biasanya jok dari mobil CBU terasa sedikit keras, namun Nissan Serena terasa berbeda karena joknya terbilang empuk. Kenyamanan semakin bertambah karena jok kedua dibuat dengan desain captain seat sehingga tangan bisa disandarkan.

Nissan pun mengklaim bahwa kursi pada baris pertama dan kedua sudah dilengkapi dengan spinnal support seats. Dengan ini maka jok akan secara aktif mendorong dada dan panggul penumpang sehingga mengurangi tekanan pada tulang belakang.

Namun yang paling istimewa adalah ruang kakinya terbilang sangat lega. Bahkan meski jok ditarik hingga maksimal ke depan, ruang kaki masih tersedia dan masih terbilang cukupan untuk anak-anak sekalipun.

Demikian juga ketika ingin meningkatkan ruang kaki, penumpang tengah bisa memundurkan posisi kursi hingga mentok ke belakang. Bagi kami yang memilki tinggi 170 cm, posisi kaki hampir lurus maksimal.

Tak hanya maju mundur, kursi baris kedua pun bisa digerakkan ke samping. Dengan demikian penumpang belakang bisa memiliki jalan sendiri yang bisa disesuaikan kebutuhannya. Sayangnya, semua kemudahan tersebut rasanya kurang maksimal karena penumpang harus mengaturnya secara manual, belum secara elektrik.

Sedangkan untuk meja kecil sebenarnya tidak terlalu signifikan fungsinya. Meja memang bisa difungsikan untuk meletakkan dua gelas sekaligus karena ada cup holder, tapi untuk meletakkan makanan atau benda lain berukuran sedikit besar rasanya meja tersebut masih terlalu kecil.

Guna meningkatkan kenyamanan untuk para penumpang, Nissan pun menyematkan TV berukuran 7 inchi di atap. Posisinya terbilang tinggi sehingga penumpang di baris ketiga pun cukup untuk menonton tayangan yang ditampilkan.

Perfoma berkendara

Meski merupakan mobil yang lebih mengutamakan kenyamanan penumpang, Nissan tetap memperhatikan kenyamanan berkendara. Hal ini ditunjukkan dengan beragam fitur berkendara dan mesin yang disematkan pada Nissan Serena.

Saat pertama kali duduk, kesan pertama yang kami rasakan adalah luasnya jarak pandang ke depan dan samping. Nissan memang mengatakan bahwa pilar A sudah dibuat sedemikian rupa agar tidak menghalangi jarak pandang. Sayang spion tengah terbilang terlalu kecil meski masih cukup untuk memberikan pandangan kondisi di belakang.

Kondisi tersebut rasanya tidak terlalu signifikan khususnya saat macet atau parkir. Ini karena Nissan Serena sudah dilengkapi oleh Intelligent Around View Monitor with MOD yang memperlihatkan kondisi sekeliling mobil. Pengemudi cukup fokus mengarahkan pandangan ke depan sembari sesekali memperhatikan layar di depannya, maka mengemudi akan tetap terjaga.

Saat mengemudikan mobil dari Jakara ke Sentul, mesin berkapasitas 2L yang dilengkapi dengan transmisi CVT ini terbilang cukup nyaman baik dalam kecepatan rendah maupun agak tinggi. Maklum, mesin ini memang sanggup untuk memproduksi tenaga sebesar 147 hp.

Ketika pedal gas ditekan dalam, mesin memang langsung terasa bekerja lebih keras namun mobil tidak langsung terdorong ke depan. Kecepatan mobil meningkat secara runut tanpa terasa menyentak di awal. Kondisi ini menunjukkan bahwa Nissan mempertahankan kesan mobil keluarga dimana sebaiknya sebuah MPV tidak menyentak bila digeber dari awal.

Yang kami kagumi adalah perfoma VDC (Vehicle Dynamic Control) + TCS karena berhasil membuat mobil terasa mudah untuk dikendalikan. Padahal dalam beberapa kali kesempatan kami mencoba untuk melakukan beberapa manuver agar bisa sampai di titik tujuan dengan lebih cepat. Kondisi diperburuk karena cuaca ketika itu hujan cukup deras.

Sementara itu, sistem pengeraman yang sudah dilengkapi oleh ABS, EBD dan BA pun coba kami uji perfomanya dalam beberapa kali kesempatan. Saat di jalan tol, kami melakukan pengereman sedikit mendadak karena harus mengambil gambar yang tepat. Hasilnya juga mantap, kami bisa mengontrol kendaraan dengan baik sehingga bukan masalah untuk tetap menjaga jarak aman. 

Kesimpulan

Nissan memang yakin bahwa Serena mampu memberikan sesuatu yang berbeda bila dibandingkan dengan high MPV lain di Indonesia. Hal tersebut memang dimungkinkan mengingat kenyamanan serta fiturnya yang terbilang lengkap.

Bila tidak masalah dengan absennya elektric seat, maka rasanya mobil ini terbilang cukup menarik. Terlebih harga yang ditawarkan pun cukup bersaing,  Nissan Serena HWS dibanderol Rp 465 juta dan Nissan Serena X  Rp 448 juta. Pendek kata, Serena merupakan sebuah MPV dengan paket menarik yang artinya punya desain ok, interior nyaman, fitur lengkap plus performa cukup baik. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support