Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Nissan Segera Rilis Mobil yang Tak Perlu Lagi Tangan Pengemudi

Berita Otomotif

Nissan Segera Rilis Mobil yang Tak Perlu Lagi Tangan Pengemudi

YOKOHAMA - Nissan bersiap merilis mobil otonom dengan teknologi lebih canggih pada akhir 2019 di negara asalnya. Di teknologi versi termutakhir ini, pengemudi tak perlu lagi menaruh tangannya di atas setir agar mode autopilot bisa terus aktif.

Nissan, seperti dilaporkan Automotive News pada Senin (20/5/2019), bakal meluncurkan teknologi ProPilot 2.0 pada musim gugur di Jepang yang berlangsung antara September hingga Desember 2019. Fitur ini sudah diperkenalkan terlebih dahulu pada pekan lalu di ‘Negeri Sakura’.

Tidak disebutkan apakah fitur tersebut hanya terdapat pada model baru atau model-model dengan ProPilot 1.0 bisa melakukan peningkatan peranti lunak.

Nissan sendiri hingga kini merupakan pabrikan otomotif yang amat keras terhadap kewajiban tangan tetap berada di setir, pada fitur autopilot mereka itu. Dengan ProPilot 2.0, mereka menapak ke tingkatan teknologi mobil otonom selanjutnya.

Mobil-mobil dengan ProPilot 1.0 sendiri hadr pertama kali di pasar pada 2016, salah satunya di All-New Serena. Hingga saat ini, sudah ada 350 ribu unit yang terjual di seluruh dunia.

ProPilot 2.0 tidak hanya membuat tangan pengemudi bebas dan kendaraan bisa melaju dengan sendirinya di jalan raya. Mobil dapat pula berganti jalur, menyusul mobil lain, dan keluar dari jalur untuk berhenti.

Ini merupakan peningkatan cukup banyak dari generasi sebelumnya yang tidak bisa berganti jalur secara otomatis. Tetsuya Iijima, General Manager Autonomous Driving Development Department Nissan Motor Corporation, mengatakan ProPilot 2.0 bakal membuat mereka tetap berada di baris depan industri otomotif untuk teknologi pengemudian otonom.

“Semua fungsi barunya nanti ada di level tertinggi dunia. Pabrikan-pabrikan lain akan sangat sulit untuk melebihi apa yang kami punya, apalagi menyusul kami. Kami telah berhasil mengintegrasikan teknologi di level paling canggih,” klaim dia.

ProPilot 2.0 merupakan sistem yang terdiri dari tujuh kamera, lima sensor radar, dan 12 sensor sonar. Semua itu masih dibantu lagi dengan sistem navigasi tiga dimensi berdefinisi tinggi. Nissan tidak menggunakan lidar, teknologi sensor berbasis laser yang sekarang menjadi acuan dari teknologi mobil otonom global. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang