Nissan Pastikan Mobil Listrik Leaf Sudah Lewati Pengujian Ketat

Berita Otomotif

Nissan Pastikan Mobil Listrik Leaf Sudah Lewati Pengujian Ketat

JAKARTA – Ketangguhan Nissan Leaf tak bisa dianggap remeh. Bagaimana tidak, sebelum dilepas ke pasar dan diproduksi massal, mobil listrik terlaris dari Nissan ini telah menjalani berbagai pengujian secara ketat.

Pengujian dilakukan secara menyeluruh tak cuma mencakup bagian bodi dan kaki-kakinya saja, tapi juga baterai pada Nissan Leaf. Ini penting dilakukan untuk memastikan Nissan Leaf aman dikendarai dalam berbagai cuaca.

Bahkan pihak Nissan mengklaim pengisian daya baterai aman dilakukan pada saat hujan.

Nissan Leaf

Hal ini memang masuk akal, karena baterai Nissan Leaf telah memalui pengujian yang ketat, termasuk uji banjir dan uji petir. Tak hanya itu, pengisian daya listrik telah dipastikan keamanannya untuk melindungi kendaraan dan penumpang dari sengatan listrik.

Fitur Keselamatan Nissan Leaf

Tak hanya itu, Nissan Leaf juga telah dilengkapi dengan beragam fitur keselamatan guna memastikan keamanan para pengendara dan penumpangnya.

Ada beberapa fitur keselamatan aktif yang diklaim telah terbukti efektif untuk menghindari terjadinya kecelakaan. Berikut ini daftarnya;

  • Forward Collision Warning (FCW)
  • Forward Emergency Braking (FEB)
  • Intelligent Trace Control (ITC)
  • Vehicle Dynamic Control (VDC)
  • Hill Start Assist (HSA)
  • Anti-Lock Braking System (ABS) with Brake Assist (BA)
  • Intelligent Around View Monitor (I-AVM) with Moving Object Detection (MOD)
  • Driver Attention Alert (DAA)
  • Electronic Parking Brake (E-PKB)

Nissan Leaf

Selain fitur keselamatan aktif, Nissan Leaf juga datang dengan beragam fitur keselamatan pasif yang berguna untuk mengurangi risiko terjadinya cedera saat terjadi kecelakaan.

Fitur-fitur tersebut di antaranya, Dual SRS Airbag, Side Airbag dan Curtain Airbag.

Dengan seluruh fitur keselamatan yang ada, Nissan Leaf berhasil mendapatkan bintang lima dari berbagai lembaga uji tabrak mobil baru, seperti Japan New Car Assessment Program (JNCAP), Euro NCAP, Australia ANCAP dan US NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration).

Saat ini Nissan Leaf di Indonesia dijual dengan dua tipe dan dibanderol Rp649 juta hingga Rp651 juta on the road Jakarta. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar