Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Nissan Pamer Kemampuan Baru Teknologi ProPilot

Berita Otomotif

Nissan Pamer Kemampuan Baru Teknologi ProPilot

TOKYO – Nissan Motor Corp mulai fokus untuk mengerjakan mobil otonom. Salah satu buktinya adalah dengan melakukan demonstrasi protipe otonom generasi terbaru dari teknologi ProPilot yang disematkan pada Infiniti Q50 Sedan Sport. Rencananya, teknolologi ini akan tersedia di Jepang tahun 2020.

Teknologi ini memungkinkan kendaraan untuk beroperasi secara otonom atau swakemudi seutuhnya baik di jalan perkotaan ataupun jalan raya. Dengan demikian, pengguna mobil tidak perlu lagi memiliki kemampuan mengemudi untuk dapat berpergian dengan nyaman.

Prototipe ini ini diciptakan dengan mengandalkan informasi dari 12 sonar sensor, 12 kamera, 9 radar sensor, 6 pemindai laser dan peta dengan tampilan resolusi tinggi untuk menganalisa skenario kompleks secara akurat dan sistem navigasi dan mampu memahami kondisi keramaian kota, seperti melintasi persimpangan yang sibuk.

Perangkat keras juga dilengkapi dengan peningkatan perangkat lunak yang memperlancar transisi ketika melewati rintangan di jalan. Hal ini memberikan pengalaman berkendara yang menenangkan sehingga pengguna tidak perlu khawatir lagi akan keselamatannya.

“Prototipe generasi terbaru dari teknologi ProPilot menampilkan teknologi yang akan hadir di dunia nyata mulai dari 2020. Demonstrasi ini adalah terobosan terbaru yang inovatif dari Nissan dalam menciptakan kendaraan swakemudi masa depan bagi kita semua,” ungkap Takao Asami, Senior Vice President Nissan Motor Co. Ltd., untuk Research & Advanced Engineering.

Penggunaan teknologi ProPilot sebenarnya bukan hal baru bagi Nissan, Teknologi ini sebelumnya sudah disematkan pada beberapa line up Nissan seperti Nissan Serena, Nissan X-Trail dan Rogue. Teknologi tersebut akan menjadi fitur baru di Nissan Qashqai tahun depan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang