Nissan Livina Bekas 2020 Ini Lebih Murah Rp 71 Juta Dibanding Barunya

Panduan Pembeli

Nissan Livina Bekas 2020 Ini Lebih Murah Rp 71 Juta Dibanding Barunya

JAKARTA – Sebuah Nissan Livina bekas 2020 ditawarkan dengan harga yang lebih murah lebih dari Rp 71 juta dibandingkan mobil barunya. Jarak tempuhnya masih relatif pendek, dengan transmisi otomatis (AT).

Sekadar mengingatkan, Livina generasi terbaru mengaspal di Indonesia pada awal 2019. Low multi purpose vehicle (LMPV) tersebut berbagi platform dengan Mitsubishi Xpander dan diproduksi di pabrik Mitsubishi Cikarang.


Di Mobil123.com, terdapat dua iklan Livina bekas 2020 per Kamis (17/9/2020). Unit termurahnya, Livina VE AT, berbanderol Rp 188 juta dan dijual oleh dealer di Jl. Margasatwa, Pondok Labu, Jakarta.

Unit tersebut dibeli dan dipakai oleh pemilik pertama pada tahun ini. Akan tetapi, NIK (Nomor Identitas Kendaraan/Tahun Produksi) adalah 2019.


Untuk perbandingan, harga on-the-road (OTR) Jakarta bulan ini untuk mobil baru bertipe sama menurut situs Indomobil Nissan adalah Rp 259,4 juta. Artinya, ada selisih lumayan jauh yakni Rp 71,4 juta di antara keduanya.

Harga Rp 188 juta itu adalah untuk pembelian kredit. Bagi konsumen yang siap membayar maharnya secara tunai, banderolnya menjadi Rp 192 juta tapi masih bisa ‘digoyang’ alias dinegosiasikan.

Dengan harga tunainya pun, perbedaannya masih terbilang jauh. Selisihnya mencapai Rp 67,4 juta.


TDP (Total Down Payment/Total Uang Muka) untuk pembelian kredit sendiri hanya Rp 50 juta. tenornya sendiri 4 tahun.

“Angsuran Rp 4,685 juta x 47 bulan,” tulis dealer.

Bicara kondisi, jarak tempuh yang tertera di odometer berkisar di 10 – 15 ribu kilometer. Kondisi diklaim siap pakai, bisa diuji kendara dahulu, maupun dicek oleh mekanik bawaan konsumen.


“Bodi bagus, kinclong. Kaki-kaki senyap, enggak ada yang bunyi-bunyi (dan rasanya) empuk. Interior bersih bagus. Jok bagus aslinya. AC super dingin. Mesin sehat enggak ada oli rembes. Kelistrikan normal. Surat lengkap dan asli (BPKB, STNK, FAKTUR, STIFIKAT). Pokoknya enggak ada PR, tinggal pakai,” papar dealer tersebut.

Nissan baru aktif lagi meluncurkan model baru di Indonesia sejak 2018, setelah vakum empat tahun. Mereka hingga kini sudah memperkenalkan atau menyegarkan Terra, Livina, Serena, X-Trail, dan terakhir Kicks e-Power. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama

Xpander Edisi Khusus yang Makin Greget

Xpander Edisi Khusus yang Makin Greget

Video
Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia meluncurkan Xpander Black Edition dan Xpander Cross Rockfort Fosgate Black Edition yang tampil lebih ...

Komentar