Nissan Pilih Produksi Mobil Listrik Ketimbang Pertahankan Datsun

Mobil Baru

Nissan Pilih Produksi Mobil Listrik Ketimbang Pertahankan Datsun

JAKARTA – Perkembangan mobil listrik di Indonesia memang masih belum dimulai secara maksimal, namun korban sudah jatuh.

Datsun Indonesia dipastikan akan menjadi brand pertama yang dihentikan produksinya demi pengembangan mobil listrik. Hal ini disampaikan oleh Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Nissan akan menghentikan produksi Datsun Go dan Datsun Go+ pada Januari 2020 lantaran skala penjualan dibawah skala ekonomi. Strategi Nissan ke depan akan mengembangkan  core model kendaraan dengan teknologi elektrifikasi power train seperti Leaf dan e-Power Model,” ungkapnya.

Nissan sendiri memang terbilang cukup aktif dalam menampilkan kendaraan listriknya di Indonesia yaitu Nissan Leaf dan Nissan e-Power. Kedua mobil tersebut sudah sempat tampil di Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019 beberapa waktu lalu.

Pada ajang tersebut, Isao Sekiguchi, Presiden Direktur Nissan Indonesia menegaskan bahwa mobil listrik bisa mengurangi polusi udara dan suara. Dengan demikian generasi yang akan datang masih bisa menikmati udara dan lingkungan bersih tanpa tercemar.

”Kendaraan listrik dapat membantu mengurangi polusi udara dan suara, serta ketergantungan terhadap bahan bakar fosil. Manfaatnya tidak hanya untuk masyarakat saat ini, tetapi juga untuk generasi selanjutnya di masa depan. Kerjasama antara para produsen mobil, pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya sangatlah penting untuk mempercepat elektrifikasi di Indonesia,” ungkap Sekiguchi.

Sejak diluncurkan pada tahun 2010, Nissan Leaf adalah kendaraan listrik pertama yang dipasarkan untuk khalayak luas dan menjadi kendaraan listrik terlaris di dunia. Awal tahun ini, Nissan mengumumkan bahwa Nissan Leaf terbaru akan masuk ke Indonesia pada 2020. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support