Nissan Leaf Akhirnya Meluncur, Apa Saja Keunggulannya?

Mobil Baru

Nissan Leaf Akhirnya Meluncur, Apa Saja Keunggulannya?

JAKARTA – Nissan Leaf resmi meluncur di Indonesia dengan harga mulai dari Rp649 juta dan menawarkan berbagai keunggulan.

Mobil listrik andalan Nissan yang telah terjual sebanyak lebih dari 500 ribu unit di seluruh dunia ini akhirnya diluncurkan secara virtual. Sejatinya mobil ini hendak dibawa sebagai andalan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Sayangnya, momen akbar tersebut harus tertunda karena pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Kehadiran Nissan Leaf di Indonesia ini diklaim akan memenuhi kebutuhan berkendara di Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh Evensius Go, Presiden Direktur, PT NMDI yang menyebut bahwa masyarakat akan semakin mencari kendaraan yang lebih aman dan ramah lingkungan.

Nissan Leaf

Dari sisi tampilan, Nissan Leaf hadir dengan desain menarik dan telah dilengkapi dengan grille berbentuk V pada bagian depan. Mobil ini juga menggunakan desain bumerang pada lampu utama di depan dan belakang.

Selain itu, untuk memperkuat kesan modern, Nisaan Leaf juga sudah hadir dengan Daytime Running Lights (DRL) berteknologi LED..

Masuk ke dalam kabin, Nissan Leaf menghadirkan lingkar kemudi berdesain sporty lengkap dengan pelapis kulit serta beragam tombol multifungsi.

Sementara untuk kenyamanan, Nissan Leaf menghadirkan head unit layar sentuh 8 inch yang telah dilengkapi dengan koneksi Bluetooth, Voice Command, serta dapat terhubung ke smartphone melalui Apple CarPlay dan Android Auto.

Keunggulan Nissan Leaf tentunya ada pada sisi teknologi yang mengadopsi full listrik. Mobil ini menjadikan baterai baterai lithium-ion berkapasitas 40 kWh sebagai sumber listrik yang digunakan untuk mengoperasikan kendaraan.

Nissan Leaf

Dengan baterai tersebut maka mobil dapat beroperasi hingga 311 km dalam satu kali pengisian daya. Apabila kendaraan digunakan hanya sekitar 40 km per hari, maka untuk satu kali pengisian, mobil bisa digunakan selama satu minggu.

Untuk pengisian daya pun, Nissan telah menyiapkan Leaf dengan beragam kemudahan. Pelanggan bisa mengisi daya dengan beberapa cara.

Cara pertama adalah dengan menggunakan pengisi daya Portable (3.3 Kw) yang akan membuat baterai terisi penuh dalam waktu 12-15 jam.

Nissan juga akan memberikan Home Charger (AC 7.4 kw) yang mampu mengisi daya lebih cepat. Tercatat, baterai Nissan Leaf hanya membutuhkan waktu lima hingga tujuh jam saja untuk mengisi daya hingga penuh.

Sementara bila pelanggan mengisi daya dari SPKLU atau di dealer Nissan menggunakan fasilitas Quick Charge, maka waktu pengisian akan jauh lebih cepat. Nissan menyebut bahwa, pengisian daya dengan memanfaatkan fasilitas tersebut akan membuat baterai terisi penuh dalam waktu 40 hingga 60 menit saja.

Selain itu, Nissan Leaf juga menawarkan perfoma kendaraan yang menarik untuk pecinta otomotif. Pasalnya, motor listrik Nissan Leaf mampu menghasilkan tenaga sebesar 110 kW atau setara 150 PS dan torsi mencapai 320 Nm.

Performa tersebut mampu membuat mobil melesat 0-100 Km/jam hanya dalam waktu 7,9 detik dengan kecepatan maksimal 155 km/jam.

Nissan Leaf yang meluncur di Indonesia tersedia dalam dua tipe yang dapat dipesan oleh konsumen, yaitu single tone dan dual tone.

Leaf tipe single tone dibanderol dengan harga Rp649 juta. Sedangkan khusus tipe dual tone, dijual seharga Rp651 juta on the road Jakarta. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar