Nissan: Konsumen Agak Melupakan Kami Karena Lama Tak Punya Model Baru

Berita Otomotif

Nissan: Konsumen Agak Melupakan Kami Karena Lama Tak Punya Model Baru

JAKARTA - Nissan mengakui para konsumen Indonesia agak melupakan mereka karena lama tak merilis model baru. Ini menjadi ‘pekerjaan rumah’ tambahan ketika mereka mulai kembali aktif melakukannya.

Nissan memang cukup lama tak memperlihatkan model baru di Indonesia. Waktu kosong itu tak hanya setahun-dua tahun, tapi sampai empat tahun dan orang nomor satu di PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) Isao Sekiguchi melihatnya sebagai tantangan.

“Setelah empat tahun Nissan tak punya model baru, tidak mudah bagi kami membuat konsumen ingat bahwa Nissan sekarang punya lagi model-model baru di Indonesia,” akunya menjawab pertanyaan Mobil123.com dalam Buka Puasa Bersama Media Massa pada Senin (27/5/2019) malam di Jakarta.

Nissan mulai kembali aktif melakukan peluncuran pada akhir 2018, dengan menerjunkan sport utility vehicle (SUV) Terra. Sebelum itu, terakhir kali mereka menggelar seremoni peluncuran adalah pada 2014.

“Terakhir, pada 2014, kami meluncurkan X-Trail. Kemudian pada 2015, 2016, 2017, tidak ada sama sekali yang baru. Pada 2018 pun hampir tak ada, sebelum akhirnya kami meluncurkan Terra (pada Agustus). Itu pun penjualannya baru dilakukan mulai Desember,” papar Sekiguchi.

Itulah mengapa ia mengatakan bahwa salah satu aktivitas yang terus Nissan lakukan sekarang membangun kembali brand awareness, atau kesadaran konsumen terhadap merek. Apalagi, setelah Terra, Nissan melanjutkan serangan model baru dengan merilis All-New Livina plus All-New Serena secara bersamaan pada 19 Februari 2019.

“Ini (membangun brand awareness) sangat penting bagi kami. Apalagi pada tahun ini saat kami sudah punya tiga model baru di Indonesia dan kami akan punya satu lagi pada musim panas (waktu Jepang) dan musim semi tahun depan (waktu Jepang). Jadi, model-model baru sudah kami siapkan dan bakal datang ke Indonesia,” tegasnya.

Nissan juga punya satu merek lain yang mereka bawahi yaitu Datsun. Merek ini pun baru kembali aktif pada awal 2018 dengan meluncurkan Cross, setelah terakhir melakukan peluncuran pada 2014 yakni Go Panca plus Go+ Panca transmisi manual.

Setelahnya, Datsun berturut-turut merilis Go Panca CVT, Go+ Panca minor change, hingga Go+ Panca CVT. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar