Nissan Punya Fitur Baru untuk Orang Pelupa

Berita Otomotif

Nissan Punya Fitur Baru untuk Orang Pelupa

CALIFORNIA - Nissan akan memperluas cakupan dari fitur Rear Door Alert (RDA) yang berfungsi untuk mengingatkan bila pengemudi meninggalkan barang atau bahkan penumpang di kursi belakang terutama anak-anak.

Fitur ini terbilang cukup penting khususnya di Amerika Serikat karena banyaknya kasus anak meninggal di dalam mobil. Terlebih, umumnya suhu pada kabin kendaraan akan menjadi lebih tinggi dibanding suhu di luar kendaraan sehingga dapat menyebabkan kematian. RDA akan membunyikan klakson mobil bila ada yang tertinggal agar mendapat perhatian dari sang pengemudi.

Cara kerja RDA sebenarnya terbilang cukup sederhana. Fitur ini akan memantau ketika pintu belakang dibuka dan ditutup baik sebelum maupun sesuah kendaraan bergerak. Bila seseorang menggunakan pintu belakang dan tidak membukanya lagi setelah kendaraan diparkir, sistem akan mengingatkan pengemudi melalui notfikasi di panel instrumen.

Bila pengemudi tidak menyadari hal tersebut dan keluar dari mobil tanpa membuka pintu belakang, maka sistem akan membunyikan klakson untuk mendapatkan perhatian dari pengemudi. Diharapkan dengan klakson, pengemudi akan memeriksa kembali kendaraannya sebelum pergi lebih jauh.

Saat ini, RDA baru terpasang di beberapa model saja yaitu Altima, Armada, Leaf, Murano, Maxima, Pathfinder, Rogue, Rogue Sport dan Titan. Kemudian fitur ini akan digunakan pada Nissan Versa sebagai fitur standar pada tipe SV dan SR.

Untuk beberapa model kendaraan, fitur ini bisa diaktifkan dan dinonaktifkan sesuai kebutuhan. Nissan juga berencana untuk memperluas cakupan fitur ini ke mobil sedan dan SUV pada mobil produksi 2022. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar