Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Nissan-Datsun Berikan Tips Mudik Bagi Konsumennya

Panduan Pembeli

Nissan-Datsun Berikan Tips Mudik Bagi Konsumennya

JAKARTA – Tanggal 23 hingga 24 Juni diperkirakan menjadi puncak arus mudik tahun ini, karenanya beragam persiapan harus ditingkatkan khususnya bagi mereka yang akan melewatinya dengan berkendara. Dan Nissan Motor Indonesia (NMI) memiliki beberapa kiat-kiatnya untuk Anda.

Agar perjalanan menjadi menyenangkan, NMI mencoba memberikan beberapa tips untuk para pemilik mobil khususnya para konsumen mereka. Dan berikut adalah ulasannya rincian dari kiat-kiat menghadapi perjalanan mudik Lebaran 2017.

Performa Kendaraan
Salah satu hal terpenting sebelum memulai perjalanan adalah dengan melakukan pengecekan kondisi mobil. Pastikan Anda memerikasanya di bengkel resmi. Bagi mereka yang mudik menggunakan mobil Nissan-Datsun, bisa memeriksakan kendaraannya di bengkel resmi dan posko-posko mudik Nissan-Datsun yang tersebar di beberapa wilayah.

Perlengkapan Darurat
Meski diharapkan tidak digunakan, namun pastikan bahwa kendaraan telah dilengkapi dengan perlengkapan darurat seperti kabel jumper, towing hook, kunci roda, dan kunci dongkrak. Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa obat-obatan di kotak P3K baik dari segi kelengkapan maupun tanggal kadaluarsa.

Tekanan Ban
Pemudik juga harus memeriksakan tekanan ban. Hal ini dikarenakan tekanan ban memilik dampak signifikan bagi stabilitas kendaraan dan kemudahan untuk mengendalikan kemudi. Tekanan telah sesuai dengan ketentuan yang tercantum pada stiker di balik pintu mobil.

Khusus untuk ban cadangan, pastikan tekanan ban beberapa psi lebih tinggi ketimbang ban yang digunakan. Hal ini diperlukan untuk menghindari ban cadangan kurang tekanan angin sehingga tidak bisa maksimal penggunaannya.

Kapasitas Penumpang dan Keselamatan Anak-Anak
Patut diingat bahwa mobil memiliki kapasitas maksimal baik dari segi bobot maupun penumpangnya. Kapasitas penumpang yang berlebihan akan membuat posisi duduk menjadi kurang nyaman serta berpengaruh pada kestabilan kendaraan.

Bagi keluarga dengan membawa anak-anak, pastikan bahwa si kecil menggunakan car seat (usia 0 - 7 tahun) atau booster seat (7 tahun ke atas) yang telah terhubung dengan sabuk pengaman. Hal ini untuk menjamin keamanan anak saat mobil melakukan pengereman mendadak atau terlibat dalam kecelakaan.

Bahan Bakar
Pastikan agar tangki bensin berada lebih dari setengah sepanjang perjalanan. Hal ini untuk menghindari kehabisan bahan bakar di tengah jalan mengingat jalan akan sangat macet. Manfaatkan aplikasi dari distributor BBM untuk mengetahui lokasi-lokasi SPBU terdekat.

Istirahat
Kelelahan telah menjadi salah satu faktor utama kecelakaan lalu lintas. Selama musim mudik, banyak orang melakukan perjalanan jarak jauh dan seringkali menghadapi kemacetan yang mengakibatkan kelelahan dan stres. Mengingat pentingnya fisik dan mental yang prima, lakukan istirahat secara berkala. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang