Nissan Bantah Isu Ingin Melepas Saham Mitsubishi

Berita Otomotif

Nissan Bantah Isu Ingin Melepas Saham Mitsubishi

YOKOHAMA – Nissan membantah kabar yang menyebut bahwa mereka akan menjual saham di Mitsubishi.

Sekedar mengingatkan, Nissan Motor Corporation (NMC) menggaet 34 persen saham Mitsubishi Motors Corporation (MMC) pada 2016, ketika merek berlogo tiga berlian ini diterpa kesulitan keuangan dan hampir bangkrut. Dengan akuisisi tersebut, terbentuklah salah satu aliansi otomotif terbesar di dunia yaitu Renault – Nissan – Mitsubishi.

Pasalnya, sebelum itu, Renault sudah memiliki 43,4 persen saham Nissan. Nissan, di sisi lain, juga memiliki 15 persen saham Renault.


Akan tetapi, sepekan belakangan muncul isu Nissan berencana menjual saham Mitsubishi. Melalui pernyataan resmi, Nissan menyebut bahwa kabar itu tidak benar dan hanyalah spekulasi.

“Bertentangan dengan penjabaran di artikel – artikel, kami tidak memiliki rencana untuk mengubah struktur kapital dari Mitsubishi Motors,” tulis Nissan di situs resmi mereka baru – baru ini.

Nissan, yang pada tahun ini mengumumkan penutupan pabrik mereka di beberapa negara termasuk Indonesia, menyebut bahwa aliansi sudah memiliki rencana kolaborasi yang mesti dijalankan. Menurut mereka, penting bagi para anggota aliansi untuk fokus pada kompetensi inti dan saling berbagi aset agar dapat memenuhi target jangka menengah dari tiap merek.


“Seperti (rencana jangka menengah bernama) ‘Nissan Next’, kami memahami Mitsubishi Motors juga sedang menggarap transformasi bisnis ‘Small but Beautiful’ yang diumumkan pada Juli kemarin,” tukas mereka.

Prinsip dasar dari kerja sama aliansi, papar Nissan, adalah bekerja sama di area – area yang dianggap berguna dan dapat mendukung kesuksesan rencana dari tiap merek. Skema ‘pemimpin – pengikut’ yang diumumkan pada Mei diyakini dapat meningkatkan efisiensi biaya produksi plus pengembangan teknologi, sehingga menjadi basis dari prinsip kolaborasi di dalam aliansi Renault – Nissan - Mitsubishi.


“Menggunakan skema ini, Nissan bahu – membahu bersama dengan Mitsubishi Motors tak hanya dalam pengembangan dan produksi kei cars (mobil kecil di pasar Jepang—Red), tapi juga dalam mengadopsi platform dan mesin yang sama,” tegas mereka. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar