Nissan Magnite, SUV Murah yang Kabarnya akan Diluncurkan 16 Juli 2020

Berita Otomotif

Nissan Magnite, SUV Murah yang Kabarnya akan Diluncurkan 16 Juli 2020

YOKOHAMA – Nissan Magnite, sport utility vehicle (SUV) murah buatan Nissan ini akan segera diluncurkan. 

Nissan Magnite kabarnya akan diperkenalkan untuk pertama kalinya pada publik dunia sebagai mobil konsep pada 16 Juli 2020 di Yokohama, Jepang. Adapun produksi massal serta penjualannya, menurut sang pabrikan, akan berlangsung pada semester kedua tahun fiskal 2020 (antara Oktober 2020 – Maret 2021).

Magnite nantinya dijual plus dirakit di India. Belum ada informasi rencana pasar lain di luar itu, termasuk Indonesia.

Merek yang baru saja menutup pabrik di Purwakarta, Jawa Barat itu sendiri telah merilis beberapa gambar dari SUV di kelas B tersebut. Satu yang sudah bisa terlihat cukup jelas adalah gril octagon (persegi enam) maupun lampu siang (Day-time Running Light/DRL) berbentuk mirip hurup L yang memanjang dari pinggir lampu depan hingga ke bagian bemper.

Gril Magnite mengingatkan pada gril mobil-mobil Datsun. Alasannya, ternyata, adalah karena model itu awalnya akan dijual dengan merek Datsun.

Lampu depan telah berjenis LED. Meski tidak menjelaskan spesifikasinya secara merinci, Nissan mengklaim bahwa SUV kompak tersebut bakal memiliki desain stylish serta kaya teknologi.

Magnite digadang-gadang akan mempunyai fitur-fitur yang menjadi bagian dari Nissan Intelligent Mobility terkini.

“Dibangun dari warisan SUV global serta teknologi maju Nissan, SUV kompak terbaru ini dibuat untuk perjalanan masa depan yang menawarkan banyak fitur premium plus desain stylish agar penampakannya menonjol serta dinamis di jalanan,” aku sang pabrikan.

Magnite akan menjadi menjadi salah satu model terkecil Nissan secara global. Panjangnya saja kurang dari 4 meter.

Bakal ada dua mesin yang menjadi pilihan bagi konsumen. Opsi pertama ialah mesin bensin 1.0-liter, tiga silinder, berdaya 72 hp. Mesin ini juga digunakan oleh Renault Triber.

Sebagai padanannya, Nissan akan membenamkan transmisi manual lima percepatan. Transmisi Automated Manual (AMT) kemungkinan juga akan ada.

Opsi kedua adalah mesin bensin 1.0-liter turbocharged, tiga silinder, berdaya 95 hp. Tenaga disalurkan ke roda melalui transmisi manual lima percepatan atau otomatis Continuously Variable Timing (CVT). [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar