Nissan akan Punya Kembaran Mitsubishi XM Concept

Berita Otomotif

Nissan akan Punya Kembaran Mitsubishi XM Concept

CIKARANG – Mitsubishi siap memasok beberapa komponen untuk MPV Nissan mulai 2019. Hal ini diungkapkan Carlos Ghosn selaku Chairman Mitsubishi dan Nissan-Renault Alliance.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI), dikabarkan akan segera meluncurkan model MPV terbarunya. Mainan baru pabrikan berlambang Tiga Berlian ini, pertama kali ditampilkan konsepnya pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016.

Bermain di salah satu segmen paling gemuk di Indonesia tersebut, LMPV Mitsubishi diklaim mempunyai sejumlah keunggulan dibandingkan kompetitor. Dikatakan bahwa salah satu kelebihannya terdapat pada segi desain yang tampak seperti SUV, namun dikatakan tetap memiliki kehandalan layaknya MPV.

Artikel bersambung dibawah

Ghosn memastikan bahwa Mitsubishi yang telah bergabung dengan Renault-Nissan Alliance mulai bersinergi di pabrik terbaru mereka di Bekasi. Ia mengatakan komponen MPV baru Nissan nantinya akan diproduksi di sana pada 2019.

“Tahun 2019 mendatang kami akan mulai memproduksi komponen untuk Nissan. Ini merupakan hasil kerjasama antara MMC dan Nissan Motor Corporation (NMC),” ungkap Ghosn.

Banyak isu yang berkembang di balik cerita produksi MPV baru Nissan tersebut. Dan yang paling santer terdengar adalah tidak menutup kemungkinan produk tersebut akan menjadi kembaran XM Concept dengan emblem Nissan.

Hal tersebut memang dirasa wajar karena Mitsubishi dan Nissan memang bekerjasama untuk melakukan sharing platform mobil mereka masing-masing. Dengan demikian maka diharapkan perkembangan mobil antara mereka berdua dapat berkembang lebih cepat.

Mitsubishi bisa mendapatkan akses lebih besar terhadap teknologi dan platform Nissan-Renault yang pastinya lebih banyak ketimbang Mitsubishi itu sendiri,” tambahnya.

Dengan demikian, jangan kaget bila nantinya akan ada saingan duet maut Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang kini telah menjadi legenda di ranah otomotif Indonesia. Proyeksinya, versi Nissan akan memiliki kelengkapan fitur lebih tinggi ketimbang XM Concept. Dengan ini maka posisi mereka tidak akan bertemu langsung di pasar melainkan saling mengisi satu sama lain.

Saat ini, kapasitas produksi pabrik Mitsubishi sebesar 160.000 unit per tahun. Namun jumlah tersebut bisa meningkat hingga 240.000 unit per tahun bila seluruh kapasitasnya diisi secara penuh. Dengan jumlah tersebut maka diharapkan Mitsubishi bisa memenuhi kebutuhan domestic dan international.

Pabrik Mitsubishi di Bekasi ini mengambil lokasi di kawasan industri Greenland International Industry Center, Bekasi, Jawa Barat. Pabrik ini berdiri di atas lahan seluas 30 hektar dan menghabiskan dana sekitar Rp 7,5 triliun dalam pembangunannya. Dengan berdirinya pabrik ini maka Mitsubishi total memiliki kapasitas produksi di Asia Tenggara menjadi 600.000 unit per tahun. [Dew/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual