Nilai Brand Toyota Kalahkan BMW dan Mercedes

Berita Otomotif

Nilai Brand Toyota Kalahkan BMW dan Mercedes

NEW YORK - Toyota kembali mempertahankan gelarnya sebagai merk otomotif paling bernilai di dunia.

Toyota kembali mempertahankan gelarnya sebagai merk otomotif paling bernilai di dunia. Pabrikan terbesar nomor satu dunia berhasil mengalahkan brand Eropa seperti BMW dan Mercedes-Benz di posisi kedua dan ketiga. Posisi keempat berhasil diraih oleh Ford sementara Honda menjadi brand terakhir yang berhasil masuk dalam lima besar.

Dilansir dari Automotive News, Toyota berhasil meraih nilai USD 28,7 miliar atau turun sekitar 3 persen dibanding tahun lalu. Meski mengalami kenaikan penjualan, namun Toyota mengalami tekanan dari nilai tukar mata uang, peningkatan investasi dan kenaikan biaya tenaga kerja.

“Toyota dipandang sebagai merk berkualitas. Meski Toyota tengaj diterpa masalah recall, namun pemilik mengatakan bahwa mobil mereka baik-baik saja,” ungkap Peter Walshe, Global BrandZ Director - Kantar Millward Brown yang merilis 100 perusahaan terbaik dunia. Menariknya, dalam 12 tahu terakhir, Toyota selalu menjadi brand terbaik di kelas otomotif.

Sementara itu BMW berhasil meraih posisi kedua dengan nilai brand mencapai USD 24,6 miliar. Angka turun sebesar 8 persen dibanding raihan tahun lalu. Penurunan tersebut sebagian disebabkan oleh kenaikan biaya investasi untuk teknologi baru dan terjadinya perlambatan penjualan di Amerika Serikat.

“BMW benar-bernar berhasil mengambil keuntungan dari posisinya sebegai pemimpin di sektor mobil mewah. Ada beberapa alasan yang mempengaruhu posisi BMW saat ini. Salah satunya adalah dengan adanya konsistensi BMW dalam mengembangkan kendaraan yang nyaman dan penuh inovasi,” ungkapnya lagi.

Nilai Mercedes naik 4 persen jika dibandingkan dengan nilai tahun lalu. Saat ini merk Mercedes berhasil mencapai USD 23,5 miliar dan duduk diposisi ketiga. Hasil ini didapatkan berkat diraihnya rekor penjualan, pendapatan dan keuntungan bersih tahun lalu.

Sementara itu, untuk brand paling bernilai di dunia saat ini masih dipegang oleh Google dengan nilai mencapai USD 245,6 miliar atau naik 7 persen. Sementara Apple berhasil bertahan di posisi kedua dengan nilai brand mencapai USD 234,7 miliar atau naik 3 persen dibanding tahun lalu. Microsoff menyusul di posisi ketiga dengan nilai brand USD 143,2 miliar, naik 18 persen dari tahun lalu. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual