Nico Rosberg Juara GP F1 Australia 2014

Berita Otomotif

Nico Rosberg Juara GP F1 Australia 2014

JAKARTA - Setelah musim balap F1 2013 usai, TIdak ada seorang pun yang tahu apa yang akan terjadi di musim 2014. Kini 'misteri' tersebut mulai terkuak sedikit. Tidak ada  yang menyangka bahwa pembalap muda F1 akan bisa bertengger di 10 besar balapan Australian GP 2014 yang berlangsung di sirkuit Albert Park, Melbourne, (16/03). Setidaknya hingga sesi kualifikasi sehari sebelumnya selesai. 

Kualifikasi menyisakan kisah Lewis Hamilton (Mercedes-Benz AMG Petronas F1 Team) yang menduduki pole position, diikuti rekan satu timnya, Niko Rosberg. Dibelakangnya, kejutan muncul dari Daniel Ricciardo, pembalap Red Bull Renault asal Perth, Australia, yang menduduki peringkat ketiga kualifikasi. Jauh ke belakang lagi, tepatnya posisi 12, ada Sebastian Vettel, rekan setim Ricciardo, yang sedang sial karena mobilnya bermasalah. Lebih sial lagi Kimi Raikkonen terpaksa berhenti di sesi kedua kualifikasi setelah Ferrari yang dikendalikannya menabrak tembok. 

Lalu datanglah Race Day. Hamilton gagal finish karena masalah mesin yang pincang, Vettel juga didera masalah turbocharge, belum lagi Felipe Massa (Williams Martini) terpaksa berhenti setelah mobilnya ditabrak Kamui Kobayashi (Caterham Renault) di tikungan pertama tepat setelah start. Itulah yang terjadi pada pembalap veteran yang seolah kehilangan jati dirinya di balapan ini, dan membukakan jalan bagi para pembalap belia yang baru pertama kali mencicipi mobil F1, untuk masuk 10 besar. 

Nico Rosberg begitu mendominasi sejak lap awal dan tidak terkejar hingga bendera finish dikibarkan. Sedangkan Ricciardo, mulai menunjukan bakatnya bahwa ia layak disejajarkan dengan pembalap F1 senior dengan konsistensi yang diberikannya, bahkan saat lap-lap terakhir dimana ban mobilnya mulai menggerogoti performa. Demikian juga dengan Kevin Magnussen (McLaren Mercedes), pembalap debutan yang konsisten dan bahkan mampu menyerang Ricciardo. Hasil finish ketiga ini menyamai rekor Lewis Hamilton yang langsung podium ketiga saat pertama kali bergabung di McLaren. 

Kiprah rookie yang lain adalah bagaimana Valtteri Botas mampu finish keenam setelah ia melakukan kesalahan dengan menyerempet tembok di tikungan 10, dan merusak velg mobilnya. Setelah tertatih-tatih kembali ke pit, ia bergabung kembali di posisi 17. Namun kegigihannya membuahkan hasil, dan akhirnya mampu menekan Kimi Raikkonen untuk memperebutkan posisi ketujuh di lap 28, dan kemudian melewatinya untuk finish di urutan keenam. Sedangkan Kimi harus puas di posisi delapan. Pembalap senior dengan finish terbaik adalah Jenson Button (McLaren), yang finish di urutan keempat. 

Berikut ini adalah hasil 10 besar balapan F1 Australia:

  1. Nico Rosberg (Mercedes-Benz AMG) Winner 
  2. Daniel Ricciardo (Red Bull Racing) +24,5 detik
  3. Kevin Magnussen (McLaren) +26,7 detik
  4. Jenson Button (McLaren) +30,0 detik
  5. Fernando Alonso (Ferrari) +35,2 detik
  6. Valtteri Botas (Williams) +47,6 detik 
  7. Nico Hulkenberg (Force India) +50,7 detik
  8. Kimi Raikkonen (Ferrari) +57,6 detik
  9. Jean Eric Vergne (Scuderia Toro Rosso) +60,4
  10. Daniil Kvyat (Scuderia Toro Rosso) 63,5 detik 

Sedang mencari mobil? Mobil123 memiliki banyak pilihan untuk Anda. Baik mobil baru ataupun mobil bekas

Sumber: FIA

Foto: FIA, Mercedes-Benz, RBR



Redaksi Mobil123

Redaksi Mobil123

Kami siap menyajikan informasi terbaru dari dunia otomotif baik itu dari sisi industri, teknologi hingga komparasi mobil terbaru. Terus ikuti kami melalui media sosial Facebook (facebook.com/mobil123), Twitter (@mobil123ID) dan Instagram (@mobil123id)


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual