Nicky Hayden: Motor Honda dan Ducati Sangat Berbeda

Berita Otomotif

Nicky Hayden: Motor Honda dan Ducati Sangat Berbeda

JAKARTA - Motor balap yang berlaga di MotoGP memiliki karakter yang berbeda-beda. Bagi Nicky Hayden yang menghabiskan 11 tahun karirnya di MotoGP bersama Honda dan Ducati, perbedaan di antara kedunya sangatlah jelas.

Rider Amerika Serikat itu pun mengatakan kalau dirinya tahu persis perbedaan itu setelah enam tahun dihabiskan Hayden di Repsol Honda dan lima tahun di tim Ducati.

Selama karir 13 tahunnya di MotoGP, Nicky Hayden juga pernah satu tim dengan banyak bintang seperti Valentino Rossi, Max Biaggi, Casey Stoner atau Dani Pedrosa.

"Ada beberapa perbedaan pasti. Saya belajar banyak di dua tim pabrikan dan menikmati fasilitasnya. Ketika saya datang ke Ducati, saya sudah merasakan perbedaan besar," katanya di Speedweek.

Motor balap Ducati yang berlaga di MotoGP, lanjut Hayden, menggunakan frame karbon dan memiliki karakter yang sangat berbeda dengan motor-motor Jepang.

Karena perbedaan karakter itulah, taktik yang dijalankan oleh pabrikan Italia dan Jepang tak sama.

"Strategi tentu saja jelas berbeda. Jepang memiliki pendekatan lebih konservatif, dan memungkinkan lebih banyak ruang. Italia lebih terbuka untuk hal-hal tertentu."

"Namun keduanya melakukannya dengan cara mereka sendiri, juga menuai hasil yang baik. Kedua jalur mengarah ke tujuan sama," jelas rider yang masuk dalam "Hall of Fame MotoGP" ini.

Di MotoGP 2015 sendiri rider Ducati, Andrea Iannone berada tepat di belakang dua pembalap Repsol Honda Marc Marquez dan Dani Pedrosa di klasemen akhir, di tempat ke-5. 18 poin di belakang Pedrosa dan 54 poin di belakang Marquez. 

Di musim 2016 Ducati diprediksi bisa kembali berbicara banyak dan menutup celah dengan dua pabrikan Jepang terdepan, Yamaha dan Honda, karena karena selama tes pada tahun 2015 Ducati telah mendapat keuntungan dengan ECU standar baru. 

Bahkan di musim 2015 Ducati juga telah menaruh dua teknisi di tim Avintia, yang ditangani secara eksklusif oleh produsen ECU Magneti Marelli. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual