Isuzu Panther Generasi Terbaru Hindarkan Sang Raja dari Kepunahan

Berita Otomotif

Isuzu Panther Generasi Terbaru Hindarkan Sang Raja dari Kepunahan

JAKARTA – PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) digadang-gadang tengah menyiapkan generasi terbaru dari Panther, jelang diterapkannya Euro4.

Sesuai aturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017, tentang Baku Mutu Emisi gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N dan O atau lebih dikenal Euro4, akan efektif pada September 2018 untuk mesin bensin. Sementara bagi mesin diesel pada 2021.

Isuzu Panther yang beredar di pasaran saat ini masih menggunakan mesin berteknologi lawas, yakni Direct Injection atau injeksi langsung. Sistem jenis tersebut sangat riskan jika menggunakan bahan bakar dengan standar Euro4.

Artikel bersambung dibawah

Menanggapi hal tersebut, PT IAMI tidak khawatir salah satu produk legendarisnya akan punah. Produsen mobil asal Jepang ini dikatakan sudah siap menjalani aturan dari pemerintah nantinya. Mesin berteknologi Common Rail yang sudah digunakan oleh produk Isuzu lainnya, akan bertengger di Panther generasi terbaru.

“Sebenarnya membicarakan tentang Euro4 sangat berkaitan dengan infrastruktur yang ada, dalam hal ini Pemerintah. Kita untuk mengusung Euro4 dengan mesin saat ini yaitu common rail yang telah digunakan D-Max, Giga dan MU-X,” ucap Harry Kamora selaku COO Astra Isuzu di Jakarta (28/05/2018).

Isuzu Panther sendiri merupakan produk yang dirancang di Indonesia sejak 1990-an. MPV Diesel 7-penumpang ini mendapat julukan ‘Rajanya Diesel’, karena terkenal memiliki kemampuan mesin yang tangguh namun irit bahan bakar.

Harry sendiri mengisyaratkan bahwa nantinya generasi terbaru Isuzu Panther akan sepenuhnya baru. Penggunaan rangka monokok juga bisa juga terjadi pada MPV legendaris tersebut. Namun Ia menampik Panther nantinya akan bersinggungan dengan SUV mereka yakni MU-X.

Maklum saja perkembangan Isuzu Panther dari tahun-ke-tahun terus mengalami perubahan dimensi. Panther yang beredar saat ini memiliki bodi yang cukup besar menyerupai SUV. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual