New Isuzu Giga Kini Dilengkapi ABS dan Jok Bersuspensi

Berita Otomotif

New Isuzu Giga Kini Dilengkapi ABS dan Jok Bersuspensi

JAKARTA - New Isuzu Giga hadir sebagai solusi bagi pebisnis untuk mendapatkan truk yang efisien. Fitur kelengkapan terbarunya juga menikmatan kenyamanan berkendara.

Berdasarkan data dari Dirjen Perhubungan Darat, perbaikan jalan di Indonesia akibat truk overload mencapai 43 triliun pada 2017. Menurut aturan Pemerintahan, sebuah kendaraan medium truk 2 axle yang memiliki GVW seberat 16 ton, sementara medium truk 3 axle maksimal GVW 26 ton.

Namun pada faktanya penggunaan truk kerap membopong bobot hingga 22 ton, bahkan pada truk 6x2 mencapai 46 ton. Overload tidak hanya menyebabkan jalanan rusak, namun dapat membuat jalanan lebih macet karena truk berjalan melambat. Hal ini menyebabkan kerugian ekonomi mencapai 65 triliun akibat kemacetan di Jabodetabek saja.

"Isuzu terus mengembangkan produk yang fit dengan customer dan peraturan Pemerintah. Sehingga customer kami tidak perlu khawatir lagi dalam mempekerjakan unit-unit dari Isuzu," ucap Ernando Demily, President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia di kawasan Senayan, Jakarta Pusat (24/01/2019).

Dengan adanya aturan tersebut, pebisnis diyakini akan beralih dari truk rigid menjadi tractor head. Kendaraan yang disebut terakhir disebutkan dapat memikul beban 32.7 - 46.1 ton. New Isuzu Giga Tractor Head ditawarkan sebagai jawaban dari tantangan tersebut di atas. Kendaraan komersial ini telah mengantungi EURO4 menanggapi aturan pemerintah yang akan beralih dari EURO2 pada 2021.

New Isuzu Giga Tractor Head ditawarkan dalam 4 varian yakni GXZ 60 K ABS (N), GVZ 34 K HP ABS (N), GVR 34 J HP ABS (N) dan FVR 34 P TH (N). Perbedaan dengan edisi sebelumnya yang cukup menarik adalah disematkannya fitur pengereman Full Air Brake, ABS dan Seat Suspension.

Untuk varian GXZ 60 K ABS (N) yang telah menggunakan fitur ABS merupakan varian paling baru. Tipe ini menggendong mesin baru dengan kode 6NX1-TCS. Jantung mekanis kendaraan ini mampu menyumbangkan tenaga maksimal 340 hp dan torsi maksimum 1.323 Nm.

Tidak hanya fokus menjual unit, Isuzu juga menyediakan layanan purna jual yang terdiri dari 107 outlet di seluruh Indonesia, 2.384 part network yang tersebar di 355 kota dan masih banyak lagi. Meskipun sudah diluncurkan, namun pihak IAMI masih menutup rapat harga dari new Isuzu Giga. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar