New Hyundai Santa Fe Tantang Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport

Panduan Pembeli

New Hyundai Santa Fe Tantang Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport

JAKARTA - Kehadiran new Hyundai Santa Fe 2016 Edition akan menambah panas segmen SUV-medium Indonesia. Di segmen itu ada Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

Dengan penuh percaya diri, new Hyundai Santa Fe 2016 Edition akan bertarung di segmen yang sudah 'gemuk' dengan dua merek asal Jepang tersebut. Ini sekaligus membuktikan merek asal Korea tidak bisa dianggap kacangan.

Namun bedanya, new Hyundai Santa Fe 2016 Edition mengandalkan chassis monocoque, sementara Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport menawarkan ladder frame chassis.

Menanggapi kondisi ini, Mukiat Sutikno Presiden Direktur PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) tetap percaya diri. Bahkan SUV yang baru saja diluncurkan HMI di Indonesia akan mengganggu dominasi dua SUV asal Jepang.

New Hyundai Santa Fe 2016 Edition dijual mulai Rp 495 juta Rp 539 juta, Toyota Fortuner dibanderol mulai Rp 442 juta - 557 juta, Mitsubishi Pajero Sport dijual Rp Rp 446 juta - Rp 623 juta. Dari segi harga ketiga merek ini saling berdekatan.

"Kalau CR-V itu kelasnya Hyundai Tucson (SUV C Class). Sedangkan untuk Santa Fe itu SUV D. Dan di kelas ini ada dua yaitu monocoque dan ladder frame. Dan di kelas SUV D itu ada Fortuner dan Pajero Sport. Santa Fe bertemu dengan Fortuner dan Pajero Sport," kata Mukiat di Jakarta, Kamis (18/2/2016).

New Hyundai Santa Fe 2016 Edition tersedia dua pilihan mesin yaitu mesin bensin Theta II 2.4-liter MPI D-CVVT tenaga 176 Ps pada 6.000 rpm serta torsi 226 Nm. Mesin diesel R 2.2-liter CRDI menyemburkan tenaga 197 Ps pada 3.700 rpm torsi 436 Nm. Tenaga ini disalurkan ke dua roda depan dibantu transmisi otomatis Shiftronic 6-speed.

Mukiat menegaskan tidak ada penurunan kualitas pada kedua mesinnya. Untuk tipe mesin bensin diharuskan menggunakan BBM dengan RON minimal 90, sedangkan mesin diesel diharuskan meminum BBM setara setara Pertamina Dex.

"New Hyundai Santa Fe yang kami luncurkan ini mesinnya tidak kami modifikasi, atau tidak kami turunkan kualitasnya," tutup Mukiat. [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter


M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual