New Fuso Colt Diesel: Wajah Baru dan Kian Canggih

Berita Otomotif

New Fuso Colt Diesel: Wajah Baru dan Kian Canggih

 

KAWASAKI – Ada kabar gembira para pengusaha yang fanatic terhadap Mitsubishi Fuso Colt Diesel. Itu karena new Mitsubishi Colt Diesel atau new Mitsubishi Fuso Canter sudah diluncurkan di Jepang.

Artinya kita tinggal menunggu kehadiran new Mitsubishi Colt Diesel di Indonesia. Sebelum itu terjadi mari kita bahas mengenai penyegaran dan fitur-fiturnya.

Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) melengkapi new Mitsubishi Fuso Canter dengan sistem bantuan pengemudi yang terdiri dari:

  • ESP (Electronic Stability Program) yang mendeteksi stabilitas kendaraan melalui sensor. Jika sistem mendeteksi risiko kendaraan tergelincir atau terguling di tikungan, dia akan mengontrol tenaga mesin atau gaya pengereman ke empat roda. Dengan begitu kecelakaan dapat dihindari.
  • ASA (Active Sideguard Assist). Ini merupakan perangkat keselamatan yang memantau blindspot pengemudi di sisi kiri kendaraan melalui radar. Sistem ASA memberi peringatan kepada pengemudi dengan sinyal peringatan dan lampu setiap kali mendeteksi adanya risiko saat pengemudi mengendarai kendaraan ke kiri atau memberikan sein belok kiri. Fitur ini adalah yang pertama dipasang di truk ringan (light duty truck).
  • LDWS (Lane Departure Warning System) mendeteksi penyimpangan jalur melalui kamera pengenalan garis putih jalan raya. Ketika kendaraan menyimpang dari jalur tanpa sinyal belok (lampu sein), sistem mengeluarkan peringatan kepada pengemudi dan menampilkan peringatan di dashboard.
  • AEBS (Advanced Emergency Braking System). Melalui radar gelombang milimeter yang dipasang di bumper depan, AEBS mendeteksi kendaraan dan pejalan kaki yang tidak bergerak dan memperingatkan pengemudi tentang kemungkinan tabrakan di jalan di depan. Ketika risiko tabrakan meningkat, sistem akan menerapkan rem secara otomatis, sehingga membantu menghindari tabrakan dan mengurangi tingkat potensi kerusakan.

Modernisasi wajah new Colt Diesel meliputi:

  • Penggunaan LED headlight, lampu sein, dan lampu kabut. Sekarang headlight halogen menjadi opsional
  • Desain Black Belt (Sabuk Hitam). Colt Diesel menjadi model ketiga Fuso yang menggunakan identitas desain ini setelah Aero Queen dan Aero Ace, serta Rosa
  • Grille
  • Bumper depan

Penyegaran atau modernisasi eksterior tersebut dilakukan oleh MFTBC setelah 10 tahun.

new colt diesel

Layanan Truckonnect hadir. Layanan ini memungkinkan pelanggan untuk memeriksa informasi kendaraan secara real-time seperti lokasi, rute pengoperasian, serta status masalah seperti kerusakan kendaraan. Ini juga memungkinkan pemantauan keselamatan pengemudi secara real-time, sekaligus mendukung efisiensi pelanggan baik dalam hal operasi harian dan penghematan bahan bakar melalui fitur-fitur seperti takograf digital.

New Canter juga dilengkapi dengan FUSO Easy Access System. Dengan fitur baru ini, pengemudi dapat mengunci atau membuka kunci kendaraan cukup dengan menekan tombol pada pegangan pintu, selama remote key berada di sekitar pintu. Kenyamanan dan efisiensi pengemudi juga ditingkatkan dengan tombol mesin tekan-dan-putar tanpa kunci.

MFTBC membekalinya dengan mesin 4P10 (T2) yang mengeluarkan tenaga 130 PS. Model ini diperkuat oleh fitur idling stop & start untuk menghemat BBM (bahan bakar minyak). Harga new Colt Diesel yen 5.174.400 atau setara dengan Rp 716 jutaan.

New Fuso Canter atau new Colt Diesel mulai dijual di Jepang pada November 2020. Lalu kapan dia akan dijual di Indonesia? Kami memprediksi pada 2021. [IDR]

 



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Senang menulis mobil dan sepedamotor dari sisi kendaraan itu sendiri hingga perkembangan teknologi. Dia sendiri paling menyukai jika disodorkan SUV untuk dibawa ke mana dia suka, tentu saja medan offroad.


Berita Utama


Komentar