New Ducati Multistrada V4, Berpetualang Makin Asik Pakai Radar

Berita Otomotif

New Ducati Multistrada V4, Berpetualang Makin Asik Pakai Radar

BOLOGNA – Ducati akhirnya membuka selubung Multistrada baru yang menggunakan mesin V4.

Motor yang diproduksi sejak 2003 ini dikatakan telah terjual sebanyak 110 ribu unit. Selama 18 tahun, Multistrada telah menjadi teman setia para penggunanya di seluruh dunia. Kuda besi asal Italia ini edisi pertamanya menjadi unit petualang dengan torsi paling besar dan nyaman di jalan aspal.

Ducati Multistrada V4 disebut lebih menonjolkan sisi sport karena memiliki bobot lebih ringan dan bodinya lebih kompak. Motor ini lebih ciamik diajak turing jauh karena pabrikan asal Italia ini membuat mesinnya lebih tangguh. Kendaraan ini hanya memerlukan perawatan rutin setiap 60 ribu kilometer. Namun untuk penggantian oli mesin dikatakan setiap 15 ribu kilometer.

Kendaraan ini menggendong mesin 1.158 cc V4 dan mampu menghasilkan daya sebesar 170 hp pada 10.500 rpm. Sementara torsinya sebesar 125 Nm pada 8.750 rpm.

Kuda besi tangguh ini semakin canggih karena dibekali radar pada bagian depan dan belakang dan menjadi yang pertama di dunia. Radar tersebut membuat perjalanan lebih menyenangkan dan sistem navigasinya bisa dilihat pada dashboard motor. Radar tersebut merupakan buatan Bosch sama seperti fitur ABS Cornering.
ducati multistrada V4
Ducati Multistrada generasi keempat ini dipersenjatai fitur keselamatan aktif seperti IMU yang mengatur kinerja ABS Cornering, Ducati Wheelie Control (DWC), Ducati Traction Control, Cornering Lights (DCL). Fitur terakhir disebut hanya terdapat pada varian V4 S.

Selain itu, pada varian V4 S juga terdapat fitur Vehicle Hold Control (VHC). Guna membuat kendaraan lebih stabil, disematkan Ducati Skyhook Suspension (DSS) dengan fungsi autoleveling. Untuk bisa berpetualang lebih jauh dan liar, disematkan suspensi yang memiliki jarak travel depan 170 mm dan belakang 180 mm.
Harga Multistrada V4
Layaknya sebuah mobil, motor ini dibekali dengan fitur Adaptive Cruise Control (ACC) dan Blind Spot Detection (BSD).

Rangkanya menggunakan bahan alumunium monokok dan ditopang dengan roda 19 inci dan double-sided swingarm. Jarak sumbu roda new Multistrada mencapai 1.567 mm.

Ducati Multistrada V4 ditawarkan dalam dua pilihan warna yakni Merah yang menjadi ciri khas Ducati. Dan Aviator Grey yang memberikan kesan mewah. Pada varian V4 S, konsumen bisa memesan velg alloy yang ringan dan kelirnya lebih gelap untuk menambah kesan sporti. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar