Negara Gelar Tender Pengadaan SUV Baru untuk Istana Presiden

Berita Otomotif

Negara Gelar Tender Pengadaan SUV Baru untuk Istana Presiden

JAKARTA – Istana Presiden sedang mencari mobil baru berjenis sport utility vehicle (SUV) dengan kapasitas mesin yang sangat besar, dengan nilai tender mencapai lebih dari Rp 3 miliar.

Hal tersebut diketahui dari situs Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kementerian Keuangan. Di dalamnya terdapat pengumuman tender pengadaan kendaraan bermotor Jenis SUV dengan kapasitas di atas 5.000 cc.

Sebelum ini, pemerintah telah selesai melakukan pengadaan mobil kepresidenan baru untuk Joko Widodo, dengan Mercedes-Benz S-Class, tepatnya S 600 Guard, sebagai pemenang melalui sistem penunjukan langsung. Pemerintah juga sudah merampungkan tender mobil-mobil dinas para menteri 2019 – 2024 yang dimenangkan oleh PT. Astra International dengan model Toyota Crown 2.5 HV G-Executive.

Tidak hanya menteri-menteri baru yang bekerja menggunakan mobil tersebut. Pejabat setingkat menteri, ketua/wakil ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) pun kebagian.

Pengumuman yang dibuat pada 7 Oktober 2019, dengan penutupan pendaftaran lelang pada Jumat (11/10/2019). Disebutkan bahwa tender dilakukan oleh Kementerian Sekretariat Negara untuk Istana Kepresidenan, dengan sumber dana berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Sayangnya, tidak disebutkan berapa unit SUV 5.000 cc yang dibutuhkan, maupun untuk apa mobil tersebut kelak. Adapun nilai pagu paket mencapai Rp 3.345.000.000, dengan harga perkiraan sendiri (HPS) paket Rp 3.256.000.000.

Pendaftaran tender bakal ditutup pada Jumat (11/10/2019). Berdasarkan pantauan Mobil123.com pada pkl. 08.54 WIB, sudah ada 17 perusahaan yang mendaftarkan diri.

Sayangnya, identitas perusahaan-perusahaan tersebut tidak diperlihatkan oleh LPSE Kementerian Keuangan. Akan tetapi, jika berbicara asumsi, tender kemungkinan besar diikuti oleh para agen tunggal pemegang merek (ATPM) besar. Kita tunggu saja perkembangan kabar berikutnya mengenai tender ini. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support