Naik Motor Siang Hari Ternyata Berbahaya

Berita Otomotif

Naik Motor Siang Hari Ternyata Berbahaya

JAKARTA – Berkendara dengan sepedamotor di siang hari nan terik ternyata mengundang bahaya, berikut ini penjelasannya.

Berkendara dengan menggunakan sepedamotor meruapakan solusi terbaik untuk sampai di tujuan lebih cepat. Selain itu, motor juga merupakan alat transportasi yang efisien sehingga menguntungkan si penggunanya. Oleh karena itu, motor kerap digunakan oleh para kaum menengah ke bawah, terutama yang berbanderol murah.

Bepergian dengan sepedamotor memiliki kekurangan yaitu rentan pada kondisi cuaca. Apabila hujan, biker harus menggunakan jas hujan agar tidak kebasahan. Lalu saat kondisi cuaca panas, pengendara mengandalkan jaket agar kulit tidak hitam dan mengurangi sengatan matahari.

Namun di balik cuaca yang panas, biker dihadapkan dengan bahaya lain yang mengincar. Terdapat risiko yang mengancam kesehatan pengendara jika bepergian di kondisi yang panas terik. Simak macam-macam bahaya berkendara sepedamotor saat siang hari nan terik, dikutip dari laman resmi Wahana Honda, Main Dealer Honda.

  • Dehidrasi

Dehidrasi merupakan sebuah kondisi di mana Anda mengalami kekurangan cairan dalam tubuh. Akibatnya, Anda akan mudah merasa haus, mudah mengantuk dan cepat lelah hingga pusing atau sakit kepala.

Kondisi ini bisa menimpa siapapun tanpa memandang jenis kelamin ataupun usia. Terlebih jika Anda sedang berkendara di siang hari yang cuacanya sangat terik dan jalanan cukup macet. Alhasil, tubuh Anda pun mengeluarkan banyak keringat yang kemudian membuat cairan dalam tubuh berkurang signifikan.

Solusi untuk mengatasinya adalah dengan berteduh terlebih dahulu di tempat yang lebih rindang. Kemudian konsumsilah minuman elektrolit untuk meningkatkan kembali cairan dalam tubuh.

  • Jerawat

Banyaknya orang yang berkendara motor di siang hari membuat sirkulasi udara menjadi tidak sehat. Polusi udara pun bisa Anda temukan di mana-mana. Selain dapat menyebabkan sesak nafas pada beberapa orang yang sensitif. Kotoran dan asap kendaraan yang menempel di wajah juga dapat memicu timbulnya jerawat.

Solusi untuk terhindar dari permasalahan wajah yang satu ini adalah dengan menggunakan facial wash sesaat setelah Anda sampai di tujuan. Kemudian basuhlah dengan air bersih yang mengalir sehingga wajah Anda akan tetap terjaga kesegarannya.

  • Nyeri Punggung

Pernahkah Anda mengalami sakit atau nyeri punggung setelah berkendara motor? Hal ini umum terjadi di kalangan para pengemudi. Terlebih jika Anda sedang menempuh perjalanan yang cukup jauh hingga memakan waktu berjam-jam di jalan.
Naik Motor
Risiko nyeri punggung ini pun dipengaruhi lagi oleh berbagai macam faktor. Mulai dari usia, jenis kelamin, berat badan hingga aktivitas olahraga. Mereka yang tidak rutin berolahraga tentu akan lebih rawan mengalami sakit atau nyeri punggung saat berkendara.

  • Konjungtivitis

Konjungtivitis merupakan sebuah kondisi di mana terjadi peradangan pada area konjungtiva (area putih pada bola mata). Hal ini biasa terjadi pada para pengendara motor yang tidak mengenakan helm dengan visor atau kaca pelindung.

Akibatnya, mata lebih rawan terinfeksi oleh bakteri, virus, binatang kecil, debu atau benda asing apapun yang berpotensi masuk ke dalam mata. Jika sudah demikian, bola mata Anda pun akan terlihat lebih merah dibanding saat dalam kondisi normal.

Solusinya, hindari mengucek mata apabila terasa gatal. Karena hal tersebut tidak akan memperbaiki kondisi namun malah berlaku sebaliknya. Segera gunakan obat tetes mata yang dapat menangani permasalahan tersebut.

  • Heat Stroke

Cuaca siang hari yang terlampau panas atau melebihi suhu biasanya akan sangat berbahaya bagi kondisi kesehatan tubuh Anda. Bagi orang yang tak terbiasa kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya heat stroke atau sengatan panas. Di mana tubuh Anda bisa mencapai suhu 40 derajat celcius atau bahkan lebih.

Kondisi ini terbilang cukup berbahaya. Terlebih jika tidak segera ditangani oleh pihak medis. Karena dapat menyebabkan berbagai macam gejala seperti mual dan muntah, jantung berdebar, napas cepat, kulit memerah hingga sakit kepala.

Itulah tadi beberapa bahaya berkendara motor di siang hari yang terik bagi kesehatan. Jika memang tidak terlalu perlu, sebaiknya tunggulah sampai cuaca lebih teduh. Namun jika harus terpaksa berkendara motor di cuaca yang terik, jangan lupa untuk menggunakan berbagai perlengkapan berkendara yang aman.

Mulai dari pakaian yang nyaman, membawa kacamata, menggunakan sunblock dan minum air yang cukup atau dengan membawa bekal air mineral. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar