Naik Motor Honda Bisa Sambil Teleponan

Berita Otomotif

Naik Motor Honda Bisa Sambil Teleponan

BRACKNELL – Honda akan membenamkan fitur RoadSync pada produk-produknya mulai tahun depan.

Setiap tahun teknologi terus berkembang pada sepedamotor. Dengan alasan untuk memberikan pengalaman yang berbeda, setiap pabrikan motor terus menambahkan berbagai inovasi. Terlebih dengan berkembangnya teknologi komunikasi, setiap pengendara motor ingin bisa terus terhubung selama perjalanan.

Honda Eropa melihat ini sebagai peluang yang menarik. Maka dari itu mereka meluncurkan Smartphone Voice Control System pada model-model 2021. Dengan menggunakan aplikasi RoadSync, setiap pengendara akan bisa lebih terhubung dengan dunia luar saat berkendara.

Fitur baru dari Honda ini sudah tertanam sebagai standar di kendaraan seperti Honda X-ADV 2021, CB1000R, dan Forza 750. Namun pabrikan motor berlambang Sayap Mengepak ini juga membenamkan pada Forza 350 sebagai opsi pada konsumen. Meskipun beberapa fungsi dari fiturnya tidak bisa digunakan pada motor skutik tersebut.

Honda RoadSync menggunakan basis Android 7.0 untuk sementara ini. Belum ada kabar bahwa pihaknya akan mengembangkan untuk para pengguna smartphone berbasis iOS untuk saat ini.

Fitur terbaru dari Honda Eropa ini bisa dimanfaatkan untuk menggunakan sistem navigasi. Dalam hal ini mereka memanfaatkan sistem dari Google Maps. Tampilan peta akan tampak pada layar monitor di motor. Pengendara yang memiliki perangkat bluetooth headset, bisa mendengarkan suara arahan dari Google. Namun fitur ini tidak bisa dinikmati secara maksimal oleh pengguna Honda Forza 350 karena belum terdapat layar TFT.
naik Motor Honda
Honda RoadSync juga bisa melakukan panggilan telepon saat perjalanan. Setidaknya pengendara bisa melakukan panggilan pada lima nomor yang paling sering dikontak di dalam sistem. Untuk melakukan panggilan, pengguna hanya perlu menyebutkan nama di dalam kontak melalui perintah suara. Fitur ini juga bisa menerima panggilan telepon dan nama penelpon tampil di layar. Sekali lagi fitur ini tidak bisa bisa maksimal pada motor yang belum memiliki layar TFT seperti Forza 350.

Sementara fitur ini juga menawarkan untuk membaca pesan. Hanya lima pesan teratas yang bisa dibaca dalam artian dibacakan oleh sistem. Pengguna cukup mendengarkan pesan dari bluetooth headset. Hal ini untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan. Sayang semua fitur di atas baru bisa dinikmati oleh pemilik Honda di Eropa saja. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar