MV Agusta Ternyata Pernah Bikin Motor Berdesain Culun

Berita Otomotif

MV Agusta Ternyata Pernah Bikin Motor Berdesain Culun

JAKARTA –  MV Agusta ternyata pernah buat sepedamotor roda tiga berdesain aneh alias culun cenderung tidak jelas kemana arah gayanya.

MV Agusta dikenal sebagai produsen sepedamotor jenis sport yang memiliki desain futuristik dan mengagumkan setiap detailnya. Namun siapa yang sangka bahwa manufaktur sepedamotor asal Italia ini pernah melahirkan motor roda tiga. Jauh di masa lampau, MV Agusta pernah melahirkan motor roda tiga dengan desain yang sangat buruk rupa, setidaknya ketika dilihat pada masa kini.

MV Agusta Superveloce 800 boleh jadi motor dengan desain klasik namun tetap memiliki nilai-nilai seni tinggi. Sehingga motor ini mendapat banyak perhatian dari para bikers di seluruh dunia, karena desainnya yang mengagumkan.

Pada perang dunia kedua meletus, Italia dikatakan membutuhkan alat transportasi nan murah dan tahan banting. Kendaraan ini juga diharapkan mampu memboyong banyak barang untuk berbagai kebutuhan seperti pangan. Lalu lahirlah MV Agusta 98 Motocarro yang merupakan sepedamotor roda tiga.

Kendaraan ini lahir pada 1946 dan 1947 dan diproduksi hanya 100 unit. Motocarro bersaing dengan kompatriotnya yakni Piaggio Ape yang juga meramaikan segmen serupa. Dua produsen saling bersaing untuk bisa mendapatkan hati para konsumen.

Motocarro di masa sekarang lebih mirip motor pemulung dengan mesin dan pengendara berada di belakang. Sementara bagian baknya berada di depan berikut lampu utama. Kendaraan ini bobotnya sekitar 250 kilogram dan diklaim mampu mengangkut beban hingga 160 kilogram.

Mesinnya 98 cc 2-Tak yang mampu menghasilkan 3.5 hp pada 4.800 rpm. Bagian bak depannya ditopang dengan suspensi model per daun. Sementara bagian belakangnya rigid alias tidak ada suspensi. Pengereman motor ini mengandalkan drum atau teromol.

Guna memberikan kenyamanan, MV Agusta membekali pengendara dengan jok yang ditanamkan per di kedua sisinya. Lalu alat kemudinya menggunakan setir bak motor para penjual burger di masa kini. Terdapat tuas transmisi di dekat setir juga rem parkir.

Lalu pada 1948 MV Agusta melahirkan mesin 125 cc dengan tiga percepatan manual. Bicara motor masa lalu pasti ada saja bagian menariknya, dan MV Agusta 98 Motocarro adalah salah satunya. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar