Mungkin Begini Tampilan Honda Mobilio Kalau Dibuat Jadi Limosin

Berita Otomotif

Mungkin Begini Tampilan Honda Mobilio Kalau Dibuat Jadi Limosin

JAKARTA – Sebuah gambar Honda Mobilio yang dibuat menjadi limosin beredar di Facebook.

Gambar tersebut diunggah oleh akun Facebook Ari Sasmoko Prihutomo pada Selasa (4/8/2020) sore. Tidak diketahui, apakah itu merupakan hasil karyanya atau orang lain.

Tentu saja, yang ia unggah adalah sebuah desain hasil imajinasi. Akan tetapi, gambar ini bisa menjadi petunjuk bagi para pecinta otomotif maupun penggila modifikasi untuk mengetahui bagaimana tampilan low multi purpose vehicle (LMPV) jika dijadikan sebuah limosin.

Mobilio versi limosin itu tercipta dengan memberikan bodi tambahan antara pilar C dan pilar D sehingga dimensi kendaraan menjadi lebih panjang. Kerennya, garis-garis karakter pada bodi samping Mobilio tetap terkesan sporty.

Untuk memfasilitasi penambahan dimensi serta beban, sang desainer memberikan sepasang ban tambahan. Alhasil, Mobilio limosin tersebut memiliki enam roda.

“Kalau tambah ban lagi, garasi pasti enggak muat,” tulis Ari di keterangan foto.

Mobilio yang digubah menjadi limosin sendiri adalah model sebelum facelift 2017. Ini dapat diketahui secara mudah dari bentuk lampu depannya yang masih menggunakan desain lawas.

Sayang, tidak ada foto mengenai bagian interior. Padahal, menarik untuk membayangkannya karena setiap limosin pasti menawarkan nuansa kabin yang amat mewah.

Sekadar mengingatkan, Mobilio merupakan LMPV yang meluncur di Indonesia pada 2014. Mobil ini sudah diproduksi secara lokal di pabrik Honda Karawang, Jawa Barat.

Pesaing Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, dan Wuling Confero ini menggunakan basis yang sama dengan beberapa model produksi lokal Honda lainnya. Model-model tersebut adalah Brio, BR-V, plus Jazz.

Pada 2017, Honda merilis versi facelift yang membuat tampilannya lebih sporty, khususnya pada fascia depan. Kemudian, pada awal 2019, pabrikan asal Jepang tersebut melepas versi minor change dengan sedikit perubahan pada eksterior, interior, plus penambahan head unit 8 inci pada tipe termewahnya yakni Mobilio RS.

Hingga detik ini, Mobilio masih menjadi LMPV paling bertenaga di kelasnya. Mesin SOHC i-VTEC 1.5-liter di balik kap depannya menggelontorkan daya 116 hp, dengan torsi 145 Nm. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar