Muncul Lagi, Mobil China yang Diduga Jiplak Range Rover

Berita Otomotif

Muncul Lagi, Mobil China yang Diduga Jiplak Range Rover

BEIJING – Pabrikan mobil China yang diduga meniru SUV keluaran Jaguar Land Rover tak ada habis – habisnya. Kali ini, nama mobilnya adalah Hunkt Canticie.

Foto – foto Hunkt Canticie menjadi pembahasan di media otomotif luar negeri. Soalnya, SUV tersebut memang memiliki kemiripan dengan Range Rover.

Mobil China Hunkt Canticie Diduga Tiru Range Rover
Hunkt Canticie, menurut laporan Carscoops baru – baru ini, dijual di China sejak April 2020. Desainnya diduga menjiplak Range Rover.

Saking miripnya, dalam beberapa foto tampak SUV ini tanpa malu ditempeli oleh sang pemilik emblem 'Range Rover', 'Land Rover', 'Sport', serta 'Autobiography' di sekeliling eksteriornya. Terutama pada bagian depan serta belakang.

Hunk Canticie, Peniru Range Rover dari China
Sekadar mengingatkan, ini bukan pertama kalinya desain Land Rover atau Range Rover dijiplak oleh pabrikan mobil China. Sebelum Hunkt Canticie, ada Jiangling Landwind X7 yang dituduh meniru habis – habisan desain Range Rover Evoque.

Jaguar Land Rover bahkan sampai menuntut Jiangling ke meja hijau. Setelah berjuang selama tiga tahun (hingga 2019), pabrikan otomotif asal Inggris tersebut akhirnya memenangkan gugatan dan membuat Jiangling harus menghentikan produksi Landwind X7.

Jiangling Landwind X7 Digugat Jaguar Land Rover karena Meniru Desain
Lebih lanjut, Hunkt Canticie sendiri memiliki kesamaan mulai dari sisi fascia depan dengan Range Rover. Misalnya saja dari desain lampu depan ramping yang seakan tersambung dengan gril depan dengan halusnya.

Akan tetapi, desain yang paling ‘terinspirasi’ oleh Range Rover kemungkinan ada pada tiga perempat bodinya mulai dari bentuk kap, whel arches, kaca depan, serta pilar – pilarnya.

Hunkt Canticie, Mobil China yang Amat Mirip dengan Range Rover
Interior Hunkt Canticie sendiri cukup berbeda daripada Range Rover. Harus diakui aspek paling menarik perhatian di kabin adalah desain setir tiga palang, dengan palang yang berada di bawah berbentuk melengkung.

Ada pula instrumen klaster sepenuhnya digital yang ditambahkan lagi dengan sistem infotainment berukuran besar.


Bicara spesifikasi teknis, Hunkt Canticie dipersenjatai oleh mesin bensin 2.0-liter turbocharged, empat silinder berdaya maksimal 218 hp dengan torsi 370 Nm. Akselerasi 0 – 100 km per jam digapai dalam 9,19 detik, dengan kecepatan puncak 185 km per jam.

Belum diketahui, seperti apa respons Jaguar Land Rover terhadap SUV China tersebut. Menurut Mobilovers sendiri bagaimana? Apakah Hunkt Canticie menjiplak Range Rover? [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar