Mulai Besok, Jalur Puncak Dikenakan Aturan Ganjil Genap

Berita Otomotif

Mulai Besok, Jalur Puncak Dikenakan Aturan Ganjil Genap

BOGOR – Mulai besok, berwisata ke Puncak, Bogor akan menjadi lebih sulit. Pasalnya, Polres Bogor akan melakukan pembatasan kendaraan melalui sistem ganjil-genap di jalur Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor.

Pembatasan ini akan mulai dilakukan pada Jumat, 3 September 2021. Meski demikian, sejauh ini kebijakan tersebut masih dalam tahap ujicoba.

Polres Bogor pun telah menyiapkan sedikitnya tujuh pos penyekatan untuk melancarkan pembatasan ini.

Ketujuh check point tersebut berada di pintu tol Ciawi, Simpang Gadog, Rainbow Hills, Pos penutupan Cibanon, pos penutupan arus Bendungan dan dua lokasi lain dibangun di kawasan Sentul.

Pos penyekatan ini akan berfungsi untuk memastikan kendaraan berputar balik, sehingga tidak terjadi pelanggaran.

Ujicoba aturan ganjil-genap akan dilakukan pada pekan ini dan pekan depan untuk kemudian dilakukan evaluasi.

Sebelumnya diketahui bahwa jumlah kendaraan yang melintas di jalur Puncak pada pekan kemarin mengalami peningkatan drastis. Sedikitnya ada 38.000 kendaraan yang melewati jalur tersebut atau meningkat 40 persen bila dibandingkan dengan pekan sebelumnya.

Kondisi ini tentunya menjadi sebuah perhatian khusus karena saat ini di wilayah tersebut masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM level 3. Pada level tersebut, kepadatan suatu tempat menjadi sangat diperhatikan.

Vaksinasi di Jalan Tol Jagorawi

vaksin

Untuk meningkatkan jumlah vaksinasi, Jasa Marga dan TNI menggelar Drive Thru vaksin di jalan Tol Jagorawi. Vaksin drive thru ini dilangsungkan dari pukul 8.00 WIB hingga 15.00 WIB dan diselenggarakan sepanjang September 2021.

Vaksinasi Drive Thru di Jalan Tol Jagorawi bertempat di dua arah Jalan Tol Jagorawi baik arah Jakarta maupun arah Bogor. Namun, pembagian lokasi registrasi dan screening serta lokasi vaksinasi akan dibedakan di tiap arahnya.

“Kami menyediakan dua jenis vaksin yang berbeda, untuk yang ke arah Bogor kami sediakan vaksin Pfizer dengan 200 dosis per harinya dan untuk yang ke arah Jakarta menggunakan vaksin Sinovac yang mencapai 1.000 dosis per harinya,” jelas Kolonel Inf Piter Dwi Andrianto selaku Koordinator Vaksinasi Drive Thru Jagorawi BAIS TNI. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar