Mudik Resmi Dilarang, Polisi Gelar Operasi Ketupat Lebih Awal

Berita Otomotif

Mudik Resmi Dilarang, Polisi Gelar Operasi Ketupat Lebih Awal

JAKARTA – Kepolisan Republik Indonesia akan mempercepat operasi Ketupat setelah keputusan pelarangan mudik oleh Pemerintah ditetapkan.

Hal ini disampaikan oleh Brigjen Pol Argo Yuwono, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri. Ia mengatakan bahwa Operasi Ketupat akan langsung dilakukan mulai 1 Ramadhan atau 24 April 2020.

“Berkaitan dengan Keputusan Pemerintah yang melarang mudik, dari Kepolisian mendukung penuh. Selama Ramadhan biasanya kami ada Operasi Ketupat yang dilakukan mulai dari H-7 Lebaran hingga H+7 Lebaran. Kini kami majukan menjadi mulai dari 1 Ramadhan hingga H+ Lebaran,” ungkapnya.

Ia pun menegaskan bahwa pihaknya akan melakukan sedikit ubahan operasi untuk menyesuaikan kebutuhan di lapangan. Ubahan tersebut akan dilakukan guna menjaga agar kondisi keamanan saat pelarangan mudik tetap terjamin.

“Kami merencanakan ada 2.582 pos dalam operasi ini dan bekerjasama dengan TNI dan Kemenhub. Kami tetap akan persuasif, pokoknya komunikasi kepada para pengguna jalan. Jalan juga tidak ditutup jadi fungsinya tetap bisa dilakukan,” tegasnya kemudian.

Presien Joko Widodo akhirnya memutuskan untuk melarang seluruh masyarakat mudik ke kampung halamannya pada Lebaran tahun ini. Keputusan ini dibuat saat melakukan Rapat Terbatas pada tanggal 21 April 2020. Keputusan ini dibuat sebagai langkah pencegahan terjadinya penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Saya ingin mengambil keputusan pada rapat hari ini bahwa mudik semuanya akan kami larang,” tegasnya.

Sementara itu Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Plt Menteri Perhubungan menegaskan bahwa larangan tersebut akan berlaku mulai tanggal 24 April 2020.

“Pemerintah memutuskan melakukan pelarangan mudik untuk wilayah Jakarta, Bogor Depok, Tangerang, Bekasi dan wilayah-wilayah yang sudah ditetaplan pemberlakuan PSBB dan wilayah zona merah Covid-19. Larangan mudik ini berlaku efektif terhitung sejak hari Jumat, 24 April 2020,” tegasnya.



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar