Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mudik Lebaran Nyetir Mobil? Waspadai 5 Hal Ini

Panduan Pembeli

Mudik Lebaran Nyetir Mobil? Waspadai 5 Hal Ini

JAKARTA - Masyarakat Indonesia akan menghadapi musim mudik lebaran. Masyarakat pun sibuk menyiapkan segala keperluan untuk perjalanan ke kampung halaman. Persiapan meliputi beragam hal seperti kendaraan, buah tangan, dan lain-lain.

Dan khusus pemudik yang menggunakan roda empat, sebaiknya Anda berhati-hati. Banyak kasus kecelakaan yang tanpa disadari karena perilaku buruk di pengemudi mulai dari memainkan telepon genggam, mengantuk hingga hilang konsentrasi akibat merokok atau makan.

Menurut sebuah studi tahun 2006, hampir 80 persen kecelakaan disebabkan karena pengemudi yang hilang konsentrasi, kelelahan atau gangguan mengemudi. Dan ini harus diantisipasi oleh para pemudik roda empat nanti. Penyebab kecelakaan di jalan raya tidak hanya itu.

Dalam keterangan resmi Toyota, beberapa gangguan lebih berbahaya lagi harus diantisipasi seperti di bawah ini:

1. Makan dan minum

Aktivitas mengunyah tampaknya tidak berbahaya saat aktivitas mengemudi. Namun menurut Insurance.com, beberapa makanan bisa menimbulkan kecelakaan yakni kopi panas, sup panas, taco, hamburger, makanan panggang, ayam goreng dan donat jelly.

2. Berdandan

Simpan semua alat make-up ketika di balik kemudi. Aktivitas ini bisa sangat menghilangkan konsentrasi dan berpotensi menimbulkan kecelakaan saat mudik ke kampung halaman.

3. Berbicara dengan penumpang

Membatasi perilaku ini sangat sulit, terutama dengan anak-anak yang selalu ingin tahu kondisi dalam kendaraan. Caranya pastikan mereka anak-anak sibuk membaca buku, sibuk dengan mainan atau permainan untuk mengisi waktu mereka.

4. Kelelahan

Mengemudi dalam kelelahan berpotensi empat sampai enam kali lebih meningkatkan risiko kecelakaan. Sebaik menempi dan cari tempat peristirahatan di sepanjang jalur mudik.

5. Menggunakan ponsel

Menggunakan ponsel tetap menjadi trigger terjadinya kecelakaan. Kegiatan ini benar-benar bisa menyebabkan kematian. Jangan mengemudi sembari memainkan telepon genggam jika Anda sayang keluarga di kampung halaman. [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang