Mencari Spare Part Mobil Mazda Bekas

Panduan Pembeli

Mencari Spare Part Mobil Mazda Bekas

Mencari spare part mobil Mazda tergolong mudah untuk model saat ini, tapi beda halnya dengan Mazda bekas yang sudah berusia lawas. Sebab, tidak lagi mendapat dukungan dari pabrikan.

Kendati demikian, pemlik Mazda bekas tahun tua tak perlu khawatir, karena masih ada toko spare part yang menjual onderdil untuk mobil Jepang tersebut. Tetapi, dibutuhkan kesabaran dan ketelitian supaya bisa mendapatkan spare part yang berkualitas.

Untuk itu, kami rangkum beberapa tempat untuk mencari spare part Mazda bekas baik melalui toko spare part di bursa otomotif atau via ecommerce.

Mencari Spare Part Mazda Bekas di Bursa Otomotif 

Bursa otomotif masih jadi favorit terutama buat mereka yang ingin servis mobil dengan harga miring dan pilihan suku cadang melimpah serta murah.

Biaya pasang beserta spare part biasanya sudah termasuk. Hal seperti ini disukai oleh pemilik mobil, di mana tidak perlu lagi membayar ongkos kirim sampai harus ke bengkel untuk pemasangan. 

Banyak pilihan toko yang menjual spare part untuk mobil-mobil yang dipasarkan di Indonesia, salah satunya adalah Jaya Motor. Toko spare part satu ini menjual onderdil  Mazda terutama untuk model popular seperti Mazda 2, CX-5, bahkan model sebelum Skyactiv pun tersedia. 

Jaya, pemilik dari Jaya Motor mengatakan, spare part yang tersedia kebanyakan untuk Mazda2 dan CX-5, karena kedua mobil ini banyak pemiliknya.

Sedangkan untuk spare part slow moving untuk model lainnya terutama Mazda lawas harus inden minimal 2-3 bulan. 

Soal harga spare part sendiri setiap toko punya banderol berbeda dan tergantung dari keinginan konsumen. Seperti kampas rem Mazda2 bagian depan yang dijual oleh toko Sakura Motor seharga Rp250 ribu dan bagian belakang Rp 300 ribu.

Sedangkan kaki-kaki seperti long tie-rod dibanderol Rp275 ribu saja untuk Mazda2 non Skyactiv. 

Beli Spare Part di Marketplace Online 

Menjamurnya marketplace online membuat pemilik mobil terutama merek Mazda bisa belanja suku cadang dengan mudah.

Tentu saja banyak pilihan termasuk suku cadang slow moving tersedia untuk semua model dan tipe.

Seperti halnya di Tokopedia, marketplace online ini banyak menjual suku cadang Mazda dari model non Skyactiv sampai Skyactiv pun tersedia

Untuk pencarian sangatlah mudah, tinggal masukkan kata kunci sesuai dengan mobil Mazda yang dimiliki.

Harga dan produk bisa disesuaikan dengan bujet terutama buat part fast moving seperti kampas rem, plat kopling dan shockbreaker.

Soal harga sangat menarik bahkan bisa membandingkan antara satu toko dengan lainnya. Bahkan tersedia pilihan di luar original maupun OEM dengan harga yang begitu menggiurkan. Contohnya, kampas rem Mazda2 non Skyactiv subtitusi dengan Ford Fiesta dibanderol Rp175 ribu. Untuk Mazda2 Skyactiv hanya Rp350 ribu saja dengan merek Bendix. 

Sementara jika dibandingkan dengan spare part Mazda2 Skyactiv yang orisinal, harganya bisa mencapai Rp 1,4 juta. 

Daftar Harga Spare Part di Tokopedia

Brake Pad Original Mazda 2 SkyactivRp 1,4 Juta 
Brake Pad Bendix Mazda 2 non SkyactivRp 350 ribu
Brake Pad Bendix Mazda 2 SkyactivRp 480 ribu

Mobil Mazda Tahun Lawas 

Banyak mobil Mazda bekas tahun lawas seperti Vantrend, E2000, 323 Interplay dan lainnya masih sering ditemukan di jalan. Namun suku cadang seperti bodi atau mika lampu mungkin sudah tidak ada lagi di pasaran. Terkadang hal seperti ini jadi tantangan buat pemiliknya untuk mencari barang di marketplace online. 

Dari penelusuran kami melalui marketplace lokal masih banyak penjual yang menawarkan produk terutama untuk mobil-mobil yang tidak lagi didukung suku cadangnya.

Biasanya mereka menjual dalam bentuk imitasi ataupun buatan Taiwan. 

Saat menelusuri salah satu marketplace online, masih banyak penjual menawarkan onderdil untuk Mazda2 non Skyactiv.

Sedangkan Mazda 323 Interplay selalu tersedia mulai dari kampas rem sampai bagian mesin pun ada.

Untuk harganya sendiri di mulai dari kampas rem aftermarket dibanderol hanya Rp130 ribu sampai Rp150 ribu. Bahkan ring seher pun mereka masih jual dengan harga hanya Rp350 ribu saja.

Sedangkan plat kopling untuk Mazda Vantrend dan MR 90 dibanderol Rp395 ribu untuk merek Aisin. 

Buat kalian yang mencari selang radiator untuk Mazda 626 Cronos dan E2000 di Bukalapak tersedia dengan harga Rp65 ribu. Sedangkan filter oli bisa gunakan merek Sakura yang harganya tergantung jenis mobil..

Spare part untuk mobil ini rata-rata sudah tak ada lagi orisinal, semuanya dibuat dari pabrikan lain atau aftermarket. Karena dukungan pabrikan untuk mobil-mobil ini sudah melebihi dukungan sampai 10 tahun. 

Daftar harga spare part Mazda Vantrend, E2000 dan 323

Kampas Rem Mazda 323Rp 130 ribu -Rp 150 ribu 
Ring Seher Mazda 323Rp 350 ribu
Selang Radiator Mazda E2000Rp 65 ribu
Plat Kopling Aisin Mazda VantrendRp 395 ribu 
Filter Oli SakuraRp 35 ribu
Ball Joint Mazda VantrendRp 180 ribu

Memang keuntungan mencari spare part terutama di marketplace lokal adalah ketersediaan barang dan banyaknya toko yang menjual. Di samping itu harga yang ditawarkan cukup kompetitif dengan pilihan pengiriman dan diskon menarik. 

Sayangnya, beli di marketplace tidak bisa langsung pasang, beda jika membelinya di bursa otomotif atau bengkel.

Selain itu, butuh waktu untuk pengiriman dari penjual ke pembeli dan biasanya makan waktu. Setelah itu mobil beserta spare part dibawa ke bengkel untuk diganti dengan yang baru. (AP/)




Berita Utama


Komentar