MPV Kecil akan Diserbu Jika Harga BBM Naik

Berita Otomotif

MPV Kecil akan Diserbu Jika Harga BBM Naik

JAKARTA - Rencana kenaikan harga BBM (bahan bakar minyak) bersubsidi akan mencekik sebagian  pengguna mobil pribadi. Untuk menghindari pemborosan, masyarakat pun akan beralih menggunakan mobil pribadi yang hemat BBM.

Salah satu pilihannya adalah Multi Purpose Vehicle (MPV) ukuran compact (kecil). Ketua III Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), Johnny Darmawan mengatakan kejadian itu tidak bisa dihindari.

"Pasti akan terjadi. Kalau harga BBM naik, orang-orang akan mencari mobil irit, beralih ke mobil lebih irit seperti compact MPV," kata Johnny.

Karena itu penjualan mobil hemat bahan bakar Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Datsun GO+ dan lain-lain  bakal meningkat. Lakunya penjualan mobil pribadi yang hemat bahan bakar ini disebabkan beberapa pertimbangan.

"Hal pertama karena untuk menghemat. Dari menggunakan mobil keluarga berukuran besar dan nanti menggunakan mobil keluarga ukuran lebih kecil," imbuhnya.

Johnny mencontohkan Toyota Avanza bisa menjadi pilihan masyarakat karena cukup menghemat isi kantung.

"Mobil serbaguna yang memiliki tempat duduk untuk 7 penumpang tersebut menjadi alternatif menghemat bahan bahan bakar. Konsumsi BBM 11 km/liter hingga 15 km/liter. Saya yakin MPV akan diminati masyarakat," yakinnya.

Sayang dia tidak bisa merinci seberapa besar kenaikan MPV kompak tersebut setelah pemerintah resmi mengumumkan kenaikan BBM subsidi.

Di Indonesia mobil sekelas Toyota Avanza tergolong sangat popular , mulai dari Chevrolet Spin, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Nissan Evalia, Suzuki APV, dan Suzuki Ertiga. Berdasarkan data GAIKINDO Januari-Agustus 2014, penjualan Chevrolet Spin 5.506 unit, Daihatsu Xenia 32.736 unit, Honda Mobilio 59.379 unit, Nissan Evalia 2.855 unit, Suzuki APV 22.075 unit, Suzuki Ertiga 32.916 unit. [Ikh/Idr]

Temukan Mobil Baru dan Mobil Bekas

Bergabunglah di Facebook dan Twitter Mobil123.com



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual