MPV dan SUV Merayu Konsumen Mobil Tujuh Penumpang

Berita Otomotif

MPV dan SUV Merayu Konsumen Mobil Tujuh Penumpang

JAKARTA – Sport utility vehicle (SUV) berkapasitas tujuh penumpang di Indonesia makin menjadi tren. Pergerakan pasar Multi purpose vehicle (MPV) pada tahun ini pun dinilai bisa terpengaruh jika makin banyak SUV tujuh penumpang muncul ke pasar.

Mobil tujuh penumpang di Indonesia masih identik dengan MPV, tapi beberapa tahun belakangan ini SUV berkapasitas sama makin beragam. Hal ini tidak hanya terlihat di segmennya Honda CR-V saja, tapi juga segmen SUV terjangkau seperti Toyota Rush dan Daihatsu Terios.

Toyota juga mengatakan tren SUV tujuh penumpang di rentang harga demikian sebagai salah satu penyebab turunnya penjualan tiga MPV mereka yakni Toyota Avanza, Toyota Sienta, Toyota  Kijang Innova pada tahun lalu. Penjualan wholesales Toyota pada 2018 sendiri, menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), turun 5,2 persen dibandingkan 2017 menjadi 352.161 unit dengan pangsa pasar menurun dari 34,5 persen menjadi 30,6 persen.

“Memang di 2018, kan, juga ada pemain-pemain baru yang memberi lebih banyak opsi ke konsumen.  Yang berkembang juga, kan, bukan di MPV tapi di SUV. Kami sangat bersyukur di sana Rush dengan kenaikan penjualan signifikan.  Kenapa (MPV) kami turun saya rasa karena pergerakan itu,” ujar Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur PT. Toyota Astra Motor (TAM) beberapa waktu lalu di Jakarta.

Pada 2018 sendiri total pasar mobil nasional menurut data wholesales Gaikindo berjumlah 1.151.291 unit, naik 6,9 persen ketimbang setahun sebelumnya. Anton Jimmi  Suwandy, Direktur Pemasaran TAM, mengatakan kontribusi MPV berkisar 40 persen, sedangkan SUV 17 persen.

Ia berharap kemunculan Avanza facelift sejak Januari kemarin mampu meningkatkan kembali volume serta pangsa pasar MPV pada 2019. Performa SUV sendiri sangat tergantung dari berapa banyak model-model baru yang hadir, apalagi jika ada  yang berkapasitas tujuh penumpang.

Selain itu, menurut Anton, pada tahun ini ada kemungkinan makan-memakan antara MPV dengan SUV tujuh penumpang di rentang harga yang sama.

“Karena yang membuat konsumen (MPV dan SUV) bergeser itu model tujuh penumpang. Itu kuncinya, sebenarnya,” tandas dia.

Gaikindo memprediksi penjualan mobil di Tanah Air pada tahun ini hanya naik beberapa persen dari tahun lalu karena beberapa tantangan. Volume diperkirakan masih di kisaran 1,1 juta unit. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar