Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Motor Listrik dari UBL Diujicoba di Sentul, Meyakinkan di Trek Lurus

Berita Otomotif

Motor Listrik dari UBL Diujicoba di Sentul, Meyakinkan di Trek Lurus

JAKARTA – Setelah pengenalan resminya, Budi Luhur – Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01) berhasil diujicoba di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Uji coba ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana kinerja handling BL-SEV01 di trek lurus dan tikungan Sirkuit Sentul. Motor listrik ini dipacu semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebagai tolak ukur awal pengembangan BL-SEV01.

Pengujian ini dilakukan langsung oleh Galih Aji Prakoso yang merupakan pembalap nasional. Pemilihan Galih sebagai tester rider juga diharapkan bisa memaksimalkan kinerja performa motor dan memberikan masukan kepada pihak Universitas Budi Luhur agar dikembangkan lebih baik lagi di kedepannya.

“Ini merupakan pengujian pertama motor listrik BL-SEV01 di lintasan Sirkuit Sentul dengan menggandeng pembalap profesional sebagai tester rider. Nantinya tester rider Universitas Budi Luhur akan memberikan masukan mengenai performa dan handling motor listrik,” ungkap Sujono, Kepala Tim Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur.

Motor Listrik dari UBL Diujicoba di Sirkuit, Meyakinkan di Trek Lurus
Hasil uji coba pertama kali ini cukup baik karena BL-SEV01 berhasil menyelesaikan 11 tikungan dan trek lurus sepanjang 900 meter dengan baik. Alhasil BL-SEV01 juga sempat mencatatkan top speed hingga 100 kilometer per jam.

Sayangnya ketika sepeda motor akan dipacu kembali, BL-SEV01 mengalami permasalahan ketika memasuki tikungan S kecil. Kuda besi ini kembali ke dalam paddock pit dan langsung dianalisis permasalahannya.

Setelah memeriksa kondisi dan melakukan evaluasi, tim menemukan permasalah di bagian gear set. Komponen yang digunakan sekarang ini mengalami pengurangan performa setelah melewati beberapa lap di Sirkuit Sentul.

“Setelah BL-SEV01 dievaluasi dengan tim, ternyata permasalahan di gear set depan pada rantai yang giginya kalah habis karena di tes maksimum di lintasan Sirkuit. Tetapi bersyukur motor listrik dan baterai tidak mengalami masalah dan dalam keadaan normal,” tambah Jono.

Sepeda motor listrik BL-SEV01 dilengkapi dengan motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga mencapai 16 kW yang didukung oleh baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere. Baterai tersebut bisa kembali terisi penuh setelah melakukan pengecasan selama 4 jam. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang