Motor Listrik BL-SEV01 telah Habiskan Dana Rp 400 Juta

Berita Otomotif

Motor Listrik BL-SEV01 telah Habiskan Dana Rp 400 Juta

JAKARTA – Motor listrik BL-SEV01 garapan Universitas Budi Luhur (UBL) dikatakan telah menghabiskan dana mencapai Rp 400 juta. Kendaraan bertenaga listrik ini dibangun dari nol mulai dari riset hingga proses perakitan dan pengujian sejak awal 2021.

Setelah sukses menghadirkan Blitz yang merupakan mobil listrik pertama dari UBL, kampus yang identik dengan warna Biru tersebut tidak berhenti dalam berinovasi. Belum lama ini mereka menghadirkan BL-SEV01 yang tidak lain adalah motor listrik bergenre sport.

“Mulai dari riset kita sudah habiskan sekitar Rp 400 juta. Paling banyak di riset dan baterai menggunakan dari Blitz kita potong-potong lagi. Untuk unitnya tidak terlalu mahal,” ucap Kasih Hanggoro, Ketua Badan Pengurus Harian Yayasan UBL.

Ia menjelaskan bahwa baterai masih menjadi investasi paling mahal dalam urusan membangun kendaraan listrik. Motor listrik BL-SEV01 sendiri saat ini telah menjalani dua kali pengujian di sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat.

BL-SEV01 pada pengetesan kedua berhasil melahap 10 putaran dengan kecepatan maksimal mencapai 135 km/jam. Selanjutnya pengujian motor listrik ini direncanakan untuk turing ke sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Kasih menyatakan bahwa hingga saat ini pihaknya membuka diri untuk melakukan kerja sama dengan berbagai pihak. Hal ini dilakukan untuk membuat kendaraan listrik yang lebih canggih lagi dalam hal teknologinya.
Motor Listrik BL-SEV01

“Kita pernah mau kerja sama dengan pihak Viar tapi sampai saat ini belum kesampaian. Mereka meminta kita untuk melakukan riset untuk mengembangkan baterainya,” jelasnya kemudian.

Lebih jauh Ia menjelaskan bahwa ke depan Yayasan UBL berencana untuk mengembangkan gokart listrik. Namun tekadnya untuk menjadikan gokart elektrik tersebut akan menjadi sebuah kompetisi.

“Tahun ini kita buat motor listrik, lalu tahun depan kita akan buat lagi. Kemarin saya dibilang mau dikasih gokart untuk dibuat listrik, namun kami ingin yang benar-benar serius dan dipakai oleh pembalap beneran. Kalau sampai kesampaian kan kita jadi bangga,” tuturnya kemudian.

Spesifikasi BL-SEV01 didukung dengan motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga mencapai 16 kW, didukung oleh baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere. Alhasil, sepeda motor ini bisa melaju hingga 100 kilometer untuk sekali pengisian baterai, dengan waktu pengisian baterai 4 jam. [Dew/Had]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar