Motor Bekas Harga Rp4 Jutaan, Ini Pilihannya

Berita Otomotif

Motor Bekas Harga Rp4 Jutaan, Ini Pilihannya

Motor bekas harga Rp4 jutaan masih cukup banyak pilihannya dipasaran. Bagi Anda yang tengah mencari motor bekas dengan harga murah sekira Rp4jutaan, bisa mendapatkan unit yang sehat asalkan teliti sebelum membeli.

Motor adalah kendaraan yang sangat praktis digunakan, terutama untuk membelah kemacetan di kota besar. Menggunakan sepeda motor juga memangkas biaya operasional Anda sehari-hari.

Saat ini dipasaran terdapat berbagai jenis, model dan merek motor bekas yang sangat variatif. Anda tinggal menentukan unit yang bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Motor bekas ditawarkan dengan harga yang lebih murah daripada baru. Bahkan pada model tertentu bisa sangat murah banderolnya, sehingga akan menguntungkan dari sisi pembeli.

Dalam memilih motor bekas, calon konsumen perlu memperhatikan beberapa hal agar tidak mengalami kerugian di masa mendatang. Jika diperlukan, ajak serta mekanik kepercayaan untuk menilai kondisi motor.

Terlebih untuk meminang motor second dengan harga yang sangat murah, Anda harus jeli melihat kondisi motor dan juga memeriksa kelengkapan surat-suratnya.

Jangan sampai karena tergiur dengan harga yang murah, Anda harus berurusan dengan pihak berwajib. Karena motor yang Anda pinang merupakan unit yang bermasalah seperti misalnya hasil curian.

Dalam membeli motor bekas, Anda juga harus mempertimbangkan harga spare part kendaraan. Sebab, walaupun murah, jika setiap komponen penggantinya mahal maka bisa tidak sebanding dengan harganya.

Di bawah ini kami akan membahas motor bekas dengan harga Rp4 jutaan. Apa saja pilihannya? Berikut ini uraiannya:

Motor Bekas Rp4 jutaan

Hanya dengan uang sekira Rp4 jutaan Anda bisa memilih beragam jenis atau kategori motor mulai dari sport hingga skuter matik (skutik). 

Kategori Sport

Motor sport menjadi pilihan utama para kaum adam dalam mencari motor pertamanya.

Motor sport bekas juga tidak kalah menarik, karena selain ditawarkan dengan harga lebih murah, kendaraan ini juga mendukung penampilan para pemiliknya.

Kuda besi jenis ini juga memiliki performa yang terbilang tangguh jika dibandingkan dengan bebek maupun matik. Baik akselerasi hingga daya jelajahnya bisa diandalkan untuk menempuh medan-medan menantang.

  • Honda GL

Motor sport merek Honda cukup banyak dicari orang, karena selain memiliki bentuk yang tidak lekang dimakan waktu, juga dikenal irit bahan bakar.

GL sendiri merupakan kode mesin dari Honda untuk beberapa produknya seperti GL 100, GL Pro, GL Max, dan GL 200 (Tiger).

Jika Anda jeli dan rajin blusukan ke daerah-daerah, bukan tidak mungkin mendapatkan unit dengan harga Rp4 jutaan. 


Motor Bekas Rp 4 Jutaan

Namun, pada umumnya motor jenis ini sudah dirombak atau modifikasi dengan mengadopsi berbagai aliran.

Hal yang patut diperhatikan dalam membeli unit yang sudah dimodifikasi, jangan sampai ada yang merusak sasis seperti memotong hingga menekuknya.

Karena jika hal tersebut sudah dilakukan, kondisinya sudah tidak bisa dikembalikan seperti semula.

Anda juga perlu mewaspadai bekas las-lasnya pada rangka untuk mencegah mendapatkan kendaraan hasil rombakan.

Penyakit yang umum dialami pada motor sport Honda satu ini adalah suaranya yang kasar. Jika suaranya cukup kasar biasanya berasal dari klep dan besar kemungkinan sudah pernah turun mesin.

Menariknya Honda dengan kode mesin GL, harga komponen penggantinya cukup terjangkau. Selain itu, dipasaran juga tersedia merek-merek aftermarket yang memiliki kualitas jempolan.

  • Suzuki Thunder

Motor sport berlambang S ini pernah menjadi salah satu produk yang digemari masyarakat. Selain ditawarkan dengan harga yang terjangkau (khususnya Thunder 125), kendaraan ini juga memiliki mesin yang tangguh.

Motor ini lahir pertama kali di Indonesia tanpa kick stater. Namun setelah banyak dikeluhkan para penggunanya, pihak Suzuki menyematkan kick stater di generasi selanjutnya.

Motor Suzuki Thunder 125 bekas dipasaran ditawarkan dengan hargaRp 4 jutaan, bahkan ada yang di bawahnya. Namun seperti layaknya motor bekas, harga lebih murah bisa dipastikan terdapat banyak kekurangan.
Motor Bekas Rp 4 Jutaan Suzuki

Kekurangan pada motor ini adalah harga dan kelangkaan spare part orisinal.

Selain itu, kelistrikan Suzuki Thunder 125 juga kerap dikeluhkan mudah bermasalah.

Solusinya adalah menjalin komunikasi dengan komunitas pengguna Suzuki Thunder 125. Dengan begitu Anda akan merasa lebih nyaman untuk memelihara motor tersebut.

  • Yamaha Byson

Motor sport keluaran Yamaha satu ini memang sempat populer di masanya. Namun, seiring dengan hadirnya pesaingnya baik dari merek sebelah maupun sama.

Yamaha Byson yang masih menggunakan pengabut bahan bakar model karburator dianggap tidak efisien. Kalah bersaing dengan produk-produk lain yang sudah beralih ke injeksi.

Selain lebih rakus meminum bensin, Yamaha Byson juga kurang bertenaga seperti model sport lainnya. Bahkan dibandingkan Vixion yang hadir belakangan justru memiliki performa lebih baik.
Motor bekas murah

Menariknya, Yamaha Byson memiliki tampilan lebih semok dan kekar meskipun hanya kondom semata.

Untuk konsumen yang mencari motor berpenampilan sangar, Byson bisa menjadi salah satu pilihan menarik.

Yamaha Byson bekas dipasaran cukup gelap, namun berdasarkan penelusuran kami ada beberapa unit yang dipasarkan Rp4 jutaan.

Kategori Bebek

Motor jenis ini merupakan pilihan yang paling banyak ragamnya dipasaran. Motor bebek sejak kemunculannya sudah menjadi favorit masyarakat di Tanah Air.

Sayangnya, sejak kehadiran motor bertransmisi CVT atau biasa disebut matik, bebek kalah bersaing. Hingga saat ini populasi bebek terus tergerus motor matik yang mendominasi pasar motor lokal.

  • Honda Supra

Honda Supra merupakan salah satu produk sepeda motor paling laris di zamannya. Motor ini sendiri terus berevolusi mengikuti perkembangan zaman dengan menyematkan berbagai teknologi terkini.
motor bekas supra

Generasi awal Supra saat ini dipasarkan dengan harga Rp4 jutaan bahkan ada yang di bawahnya.

Motor ini terkenal memiliki performa mesin yang bandel, selain itu penggunaan bahan bakarnya juga irit.

Bodinya yang ramping membuatnya lebih lincah dalam melakukan manuver di jalan-jalan sempit.

Spare part-nya juga terkenal murah dan berlimpah di aftermarket.

  • Yamaha Vega

Yamaha Vega, Jupiter dan Crypton merupakan pilihan menarik bagi Anda yang tengah mencari motor bekas murah. Ketiganya sama-sama menggunakan mesin 110 cc dan unggul dalam hal performa yang andal.
Motor Bekas Vega

Terbukti pada masanya motor Yamaha kerap meraih prestasi di berbagai ajang balap nasional hingga internasional.

Tampilannya juga sangat atraktif sehingga cocok bagi konsumen yang enerjik.

  • Suzuki Smash

Motor buatan Suzuki satu ini dikenal memiliki mesin yang tangguh dan irit bahan bakar. Tampilannya juga tidak malu-maluin diajak nongkrong pada malam minggu.

Namun sayangnya, sepeda motor berlambang S saat ini sudah semakin sulit mendapatkan spare part. Terlebih, bengkel resmi motor Suzuki di Indonesia juga jumlahnya semakin sedikit, sehingga menyusahkan para penggunanya.

Kategori Matik

Motor matik seakan tidak bisa dibendung dan dipungkiri sebagai motor idaman banyak orang saat ini. Pengoperasiannya yang praktis membuat semua orang bisa dengan mudah menggunakannya.

Honda dan Yamaha merupakan produsen yang paling banyak menawarkan motor matik dengan ragam variannya. Hal ini tentunya membuat konsumen lebih leluasa dalam memilih.

Motor matik bekas di pasaran juga cukup banyak tersedia dengan berbagai gayanya yang khas. Ada beberapa model yang berhasil mempertahankan harga jualnya kembali.

Namun adapula yang kalah bersaing, sehingga harga bekasnya jatuh dipasaran.

  • Honda Vario

Sebagai produk motor matik pertama Honda, Vario sebenarnya cukup sukses di Indonesia. Bahkan hingga hari ini Honda Vario masih dipasarkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM).

Harga motor Vario bekas cukup terjangkau, karena nilai depresiasinya lumayan tinggi. Ini tentunya menjadi peluang bagi calon konsumen yang hendak mencari unit Vario.
Motor Bekas Vario

Honda Vario terkenal memiliki kelemahan pada bagian kelistrikan, terutama pada generasi pertamanya.

Selain itu, Vario generasi pertama memiliki bagasi yang terbilang kecil dibandingkan pesaingnya.

Harga Vario bekas dipasaran berkisar Rp3 hingga Rp4 jutaan tergantung kondisi barang.

  • Yamaha Mio

Salah satu pelopor motor matik di Indonesia adalah Mio dan sempat menjadi rajanya pada masa keemasannya. Mio yang mungil dan memiliki mesin bertenaga sukses membius konsumen kala itu.
Motor Bekas Murah Mio

Namun seiring dengan hadirnya para pesaing yang menawarkan konsumsi bahan bakar lebih irit. Yamaha Mio perlahan-lahan mulai tergerus dan kehilangan konsumen setianya.

Yamaha Mio generasi awal bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp2 hingga Rp4 jutaan tergantung kondisi.

  • Suzuki Spin

Suzuki Spin, Skywave, Skydrive hingga Hayate merupakan produk motor matik yang kalah bersaing di Indonesia. Motor-motor ini dengan percaya diri menawarkan mesin berkapasitas lebih besar, sementara pesaing di kelasnya masih percaya mesin kecil akan lebih irit.

Harga pasaran motor matik bekas keluaran Suzuki di Indonesia cukup beragam mulai dari Rp2 hingga Rp6 juta. [Dew/Ses]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar